SUARA INDONESIA

Puluhan Anak Ikuti Khitanan Massal Peringati Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke-167

Satria Galih Saputra - 24 February 2023 | 02:02 - Dibaca 701 kali
Peristiwa Daerah Puluhan Anak Ikuti Khitanan Massal Peringati Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke-167
Salah Seorang Anak Saat Mengikuti Khitanan Massal di Kecamatan Cilacap Selatan (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Puluhan anak tampak antusias mengikuti khitanan massal dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Cilacap ke-167, Kamis (23/2/2023). 

"Ini hari kedua peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap. Ada 24 anak dari 3 Kecamatan di wilayah kota Cilacap yang dikhitan," ujar Sekretaris Daerah Kabupaten Cilacap, Awaluddin Muuri. 

Sedangkan hari pertama khitanan massal, telah dilaksanakan di Kecamatan Kesugihan dan diikuti 29 anak. 

Selain khitanan massal, adapun pemberian santunan untuk 20 anak yatim dan bantuan paket sembako yang diberikan kepada 20 orang Lansia dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Cilacap yang dilaksanakan di Kecamatan Cilacap Selatan tersebut. 

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Daerah Cilacap, Awaluddin juga berkesempatan menyerahkan bantuan gerobak dari Baznas Cilacap kepada 65 orang pelaku UMKM. 

"Untuk bantuan gerobak se-Kabupaten Cilacap jumlahnya 167 gerobak sesuai dengan Hari Jadi Kabupaten Cilacap tahun ini," ungkap Awaluddin. 

Lebih lanjut, dalam rangka memeriahkan Hari Jadi Kabupaten Cilacap, serangkaian kegiatan lainnya juga akan digelar oleh pemerintah daerah seperti operasi katarak gratis, donor darah dan perlombaan olahraga. 

Adapun pertunjukan seni budaya yang digelar Pemkab Cilacap diantaranya sintren, cowongan, ronggeng jaipong serta barongsai. 

"Ini sebagai wujud nguri-uri budaya Jawa dan untuk menghibur masyarakat Cilacap," kata Awaluddin. 

Selain itu, kegiatan istighosah, semaan Al-Qur’an, ziarah serta tasyakuran dan doa bersama.

Sementara, pada puncak acara tanggal 21 Maret 2023 mendatang, akan dilaksanakan Upacara Peringatan Hari Jadi dilanjutkan Rapat Paripurna Istimewa DPRD. 

Selanjutnya, Prosesi dan Kirab Budaya, kemudian ditutup dengan pementasan Lengger Calung serta Ebeg. 

"Saya menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah membantu dan mendukung rangkaian Hari Jadi Cilacap, sehingga dapat berjalan dengan lancar," tutup Sekda, Awaluddin. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV