SUARA INDONESIA

Ratusan Sapi di Jombang Terkena Lumpy Skin Disease

Gono Dwi Santoso - 12 March 2023 | 19:03 - Dibaca 2.00k kali
Peristiwa Daerah Ratusan Sapi di Jombang Terkena Lumpy Skin Disease
Abdurohim (31) saat memberikan makan sapinya yang terkena Lumpy Skin Disease (LSD) di dusun Gempolpait Desa Banjardowo Kecamatan/Kabupaten Jombang, Minggu (12/03/2023).

JOMBANG - Sebanyak Ratusan sapi di Jombang terkena Lumpy Skin Disease (LSD ) dimana penyakit tersebut adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus dari keluarga Poxviridae terbanyak di kecamatan Plandaan. Salah satunya di temukan di dusun Gempolpait, Desa Banjardowo, Kecamatan/ kabupaten Jombang , Minggu (12/03/2023).

Ditemui di rumahnya,Abdurohim (31) pemilik sapi yang terena Lumpy Skin Disease (LSD )di dusun Gempolpait Desa Banjardowo, menceritakan kepada media bahwa sudah hampir satu Minggu sapinya terserang penyakit ini.

" Mula - mula kondisi sapi ini ,suhunya naik panas, dan agak bengkak kaki sama linu terus muncul benjolan benjolan di tubuh sapi seperti ini sambil melihatkan menujukan sapinya yang terkena LSD," terangnya.

Abdurohim menceritakan, kejadian hari Senin Minggu lalu dan untuk mengantisipasi hal tersebut akhirnya memanggil dokter hewan dan sudah diberikan obat pada sapi untuk sekali minumkan 5 obat ke sapinya.

" Alhamdulillah setelah diberikan obat oleh dokter hewan,sapinya sudah ada perubahan hampir 30 persen sudah ada kesembuhan pada ternak sapinya," terangnya kepada media Minggu (12/03/2023).

Abdurohim berharap semoga cepat ada vaksinya untuk penyakit Lumpy Skin Disease (LSD ) untuk di Desa nya ada 3 peternak yang juga terserang LSD.

" Sapi ini sudah dilakukan vaksin sebanyak dua kali masih juga terkena LSD karena vaksinnya beda semoga pemerintah cepat turun tangan dalam menangani wabah ini , pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV