SUARA INDONESIA

Gelar Apel Siaga, Basarnas Cilacap Siapkan 63 Personel Pada Masa Lebaran 2023

Satria Galih Saputra - 13 April 2023 | 18:04 - Dibaca 1.09k kali
Peristiwa Daerah Gelar Apel Siaga, Basarnas Cilacap Siapkan 63 Personel Pada Masa Lebaran 2023
Apel Siaga SAR Khusus Lebaran Tahun 2023 di Halaman Kantor SAR Cilacap (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP/Basarnas) Cilacap menggelar apel Siaga SAR khusus lebaran Tahun 2023, Kamis (13/4/2023).

Apel yang digelar di halaman Kantor SAR Cilacap dipimpin Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa diikuti oleh seluruh pegawai Kantor SAR Cilacap beserta potensi SAR yang berada di wilayah Kabupaten Cilacap.

Kepala Basarnas Cilacap, Adah Sudarsa mengatakan, bahwa apel Siaga SAR tersebut bertujuan memastikan kesiapan personel, sarana, dan prasarana, serta peralatan SAR yang digunakan dalam pelaksanaan Siaga SAR khusus lebaran 2023.

Sementara, untuk mengantisipasi kejadian darurat yang membutuhkan penanganan 'search and rescue' (SAR) pada masa Lebaran, Basarnas Cilacap menyiapkan 63 personel, termasuk Unit Siaga SAR Banyumas. 

"Diperkirakan pada masa mudik lebaran tahun ini akan terjadi peningkatan arus penumpang dan mobilitas warga, sehingga perlu diantisipasi," ujar Adah. 

Selain personel, pihaknya juga menyiagakan sarana dan prasarana dan peralatan SAR yang ada, diantaranya Unit Riggid Inflatable Boat (RIB), Rescue Car, Rescue Carrier, Rescue Car Compartment dan Rescue Truck Compartment. 

Kemudian Rescue Truck Personil, ATV Big Patrol, Rubber Boat, Motor Trail dan Peralatan SAR lainnya guna mendukung pelaksanaan Siaga SAR. 

Adapun posko induk Siaga SAR Khusus yang berada di Kantor SAR Cilacap serta posko pendukung berada di Unit Siaga SAR (USS) Banyumas.

"Pelaksanaan Siaga SAR khusus lebaran Tahun 2023 ini akan dilaksanakan selama 20 hari mulai tanggal 13 April sampai dengan 3 Mei 2023," ungkap Adah. 

Dalam pelaksanaannya, ia menyampaikan, bahwa pihaknya telah memerintahkan untuk menempatkan kapal atau alut air di lokasi-lokasi strategis, mewaspadai titik-titik simpul kemacetan lalu-lintas, melaksanakan patroli dan pemantauan di lokasi-lokasi pariwisata maupun keramaian. 

Selain itu, personel ditekankan untuk dapat meningkatkan sosialisasi keselamatan dan peringatan dini, serta memaksimalkan Quick Response Time dalam pelayanan pencarian dan pertolongan kepada masyarakat yang melakukan mudik lebaran.

Selanjutnya, personel juga diminta untuk selalu mengupdate informasi terkait cuaca, memastikan kesiapan alut maupun peralatan pendukung selalu dalam keadaan bersih dan siap operasi serta profesionalisme dan bersinergi baik dengan seluruh Potensi SAR dalam melaksanakan Siaga SAR Khusus. 

"Kami selalu koordinasikan dengan pihak terkait seperti Polri, TNi, Dinas Perhubungan, dan lintas sektoral lainnya, apabila membutuhkan jasa SAR agar hubungi Call Center 115 atau nomor 0822-1151-1544 selalu siaga 'on call'," katanya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV