SUARA INDONESIA

Jelang Lebaran Peziarah Makam Gus Dur Ramai Peziarah 

Gono Dwi Santoso - 20 April 2023 | 08:04 - Dibaca 1.50k kali
Peristiwa Daerah Jelang Lebaran Peziarah Makam Gus Dur Ramai Peziarah 
Suasana peziarah tampak ramai dimalam terakhir bulan Ramadan di makam religi Gus Dur di pondok pesantren Tebuireng Jombang, Kamis (20/03/2023).

 

 

 

JOMBANG - Menjelang lebaran idul Fitri 1444 H , wisata religi makam KH Abdurrahman Wahid, Presiden ke 4 Republik Indonesia, di Pondok Pesantren Tebuireng, Kecamatan Diwek, Jombang ramai peziarah di pengunjung bulan Ramadan, Kamis (20/04/2023).

Dikonfirmasi terkait kunjungan peziarah yang datang ke kompleks pemakaman Gus Dur, pengurus Pondok Pesantren Tebuireng ,Teuku Azwani mengatakan, di hari Minggu terakhir bulan Ramadan ini ramai pengunjung untuk berziarah.

"Peziarah yang datang di akhir bulan Ramadan ini, mencapai 1.500 sampai 2.000 peziarah tiap malamnya datang berziarah yang paling banyak di malam terakhir Ramadan," terangnya, Kamis (20/04/2023).

Azwani menjelaskan,bagi peziarah yang ingin ke makam Gus Dur, pada hari biasa dibuka pada jam 20.00 - 02.00 WIB, maka pada bulan Ramadan dibuka pada pukul 21.00 - 02.00 WIB.

"Kalau jam siang tetap buka pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 15.00 sore. Nanti setelah Ramadan, jam malam akan kembali seperti semula," ujarnya.

Azwani mengatakan peziarah di bulan Ramadan ini, tidak sebanyak dan seramai pada hari biasanya. Jika pada hari biasa pengunjung sampai membludak, namun pada bulan Ramadan masih banyak tersedia tempat untuk berdoa.

" Untuk wisata religi makam Gus Dur sudah di buka untuk umum, pada saat mendekati akhir Ramadan atau saat malam Nuzulul Qur'an yang terjadi pada malam 17 Ramadan kemarin, terangnya.

Azwani menambahkan, peziarah banyak yang datang untuk berdoa dan berziarah ingin ngalap berkah rata rata di akhir di bulan Ramadan.

" Peziarah yang datang kisaran 1500 sampai 2000 menurun di bandingkan hari biasanya yang penuh dan berjubel peziarah," pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV