SUARA INDONESIA

Jemaah Haji Cadangan Probolinggo Diharap Masuk Kuota Reguler Kemenag Jatim

Redaksi - 19 May 2023 | 08:05 - Dibaca 1.47k kali
Peristiwa Daerah Jemaah Haji Cadangan Probolinggo Diharap Masuk Kuota Reguler Kemenag Jatim
Bimbingan manasik haji oleh Kemenag Kabupaten Probolinggo di KUA Kecamatan Tongas
PROBOLINGGO, Suaraindonesia.co.id - Kantor Kemenag Kabupaten Probolinggo memaksimalkan tahapan pelaksanaan ibadah haji tahun 2023.
Salah satu upayanya dengan memberikan bimbingan manasik haji, bagi calon jemaah haji yang digelar di sejumlah KUA.

Seperti yang dilakukan di KUA Tongas gabungan dengan KUA Sumberasih. Selain di KUA, Kemenag Probolinggo juga akan langsung mendatangi calon jemaah haji warga Pulau Gili Ketapang yang terkendala medan, untuk mengikuti bimbingan manasik haji di KUA.

"Dalam sepekan ini kami maksimalkan bimbingan manasik haji. Untuk KUA Tongas ini perlakuannya berbeda, karena yang dari warga (pulau) Gili Ketapang. Nanti KUA dan petugas PHU akan mendatangi warga Gili untuk bimbingan manasik haji," ujar Kepala Kemenag Kabupaten Probolinggo, Samsur, Jumat (19/05/2023).

Sementara untuk pelunasan biaya perjalanan ibadah haji, Samsur mengatakan proses dan progresnya telah maksimal.

Calon jemaah haji cadangan yang telah melunasi biaya perjalanan haji, juga cukup tinggi yakni sebanyak 147 orang.
Rincian pelunasan biaya haji Kabupaten Probolinggo sebagai berikut: Jemaah haji reguler lunas tunda, urut porsi dan lansia sebanyak 635 orang.

Lunas PHD 4 orang, lunas KBIHU 2 orang, lunas cadangan (1) 54 orang, lunas cadangan (2) 68 orang, lunas cadangan (3) 25 orang, dengan total keseluruhan sebanyak 788 orang.

Pemerintah saat ini, sambung Samsur, masih ada pelunasan tahap ke-tiga cadangan. Progresnya untuk Kabupaten Probolinggo cukup bagus, karena memang ada 102 orang tidak bisa melunasi karena alasan wafat, tunda dan ada yang pindah domisili.

"Cadangan-cadangan ini harapanya bisa memenuhi kuota yang ditetapkan secara nasional, provinsi dan kabupaten/kota. Mudah-mudahan dengan banyaknya yang tidak melunasi ini, menjadi kabar baik bagi saudara kita (cadangan) yang sudah melunasi, bisa berangkat tahun ini juga," imbuhnya.

Berdasarkan data Kanwil Kemenag Jatim, calon jemaah haji Kabupaten Probolinggo direncanakan akan diberangkatkan ke tanah suci pada 11 Juni 2023 dengan 2 kloter.

Yakni kloter 48 dengan nomor penerbangan SV 5225 sebanyak 395 orang dan kloter 49 dan nomor penerbangan SV 5067 sebanyak 247 orang, dengan total jemaah haji sebanyak 642 orang. Satu kloter penuh dan satu kloter gabungan dengan daerah lain.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV