SUARA INDONESIA

Petugas Damkar Amankan Seekor Buaya Muara Sepanjang 1 Meter di Cilacap

Satria Galih Saputra - 13 June 2023 | 20:06 - Dibaca 646 kali
Peristiwa Daerah Petugas Damkar Amankan Seekor Buaya Muara Sepanjang 1 Meter di Cilacap
Petugas Damkar Cilacap Saat Mengevakuasi Seekor Buaya Muara (Foto : UPT Damkar Cilacap)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Petugas pemadam kebakaran (Damkar) Cilacap mengamankan seekor buaya muara di Dusun Sumur Bandung RT 01 RW 04 Desa Brebeg, Kecamatan Jeruklegi, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah pada Selasa sore (13/06/2023). 

Buaya sepanjang kurang lebih 1 meter dengan berat 3 kilogram ini sebelumnya ditangkap oleh salah seorang warga setempat bernama Suratman pada Selasa dini hari. 

Penangkapan bermula saat Suratman sedang mencari ikan di sungai sekitar pukul 24.00 WIB. Tiba-tiba, ia tanpa sengaja melihat anakan buaya muara sebanyak tiga ekor di sungai tersebut. 

Setelah melihat buaya tersebut berukuran kecil, pria yang berprofesi sebagai nelayan ini pun kemudian memberanikan diri untuk menangkapnya. Satu ekor buaya berhasil ia tangkap, sementara dua lainnya melarikan diri.

Karena dianggap meresahkan, pada keesokan harinya Suratman kemudian melaporkannya ke Pos Damkar Cilacap untuk diamankan.

"Setelah mendapat laporan pukul 14.20 WIB, tim Rescue kemudian menuju kediaman bapak Suratman dengan membawa sejumlah peralatan," ungkap Kepala UPT Damkar Cilacap, Supriyadi, Selasa (13/06/2023). 

Setibanya di lokasi, petugas langsung mengevakuasi buaya muara tersebut dan membawanya untuk diserahkan kepada BKSDA Cilacap.

"Selain evakuasi, petugas juga melakukan pemantauan kemudian memberikan edukasi kepada warga karena buaya termasuk hewan yang dilindungi,” kata Supriyadi. 

Supriyadi melanjutkan, untuk layanan non kebakaran, masyarakat bisa meminta bantuan dengan menghubungi Pos Damkar terdekat atau melalui Aplikasi Satkartaru Siap.

"Kami menerima layanan non kebakaran seperti tangkap tawon, ular, buaya dan lainnya. Masyarakat bisa menghubungi Pos Damkar terdekat apabila membutuhkan bantuan," tutup Supriyadi. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV