SUARA INDONESIA

Terakhir Pengumpulan Koper Haji, 1.175 CJH Jombang Siap Berangkat 

Gono Dwi Santoso - 19 June 2023 | 15:06 - Dibaca 724 kali
Peristiwa Daerah Terakhir Pengumpulan Koper Haji, 1.175 CJH Jombang Siap Berangkat 
Koper calon jemaah haji Kabupaten Jombang yang dikumpulkan di Aula Kemenag Jombang siap diberangkatkan ke Asrama Haji Surabaya. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Jelang keberangkatan calon jemaah haji (CJH) asal Kabupaten Jombang, ribuan koper CJH kloter 77, 78 dan 79 memadati Aula Kemenag Jombang.

Hari ini, merupakan batas akhir pengumpulan koper dari 1.175 CJH untuk diberangkatkan ke Asrama Haji Surabaya sebelum diberangkatkan ke tanah suci Makkah.

Pantauan di kantor Kemenag Kabupaten Jombang, tampak puluhan CJH lalu lalang mengantarkan koper untuk keperluan ibadah haji.

Sejumlah koper terlihat dipasang tanda unik oleh calon jemaah haji, seperti ditandai boneka, sandal jepit hingga anyaman pandan.

Kepala Kemenag Kabupaten Jombang, Muhajir mengatakan rencananya koper-koper CJH ini akan diberangkatkan ke Surabaya hari ini, sebelum calon jemaah haji berangkat dari Pendopo Kabupaten Jombang koper terlebih dulu sampai di Asrama Haji Surabaya.

"Koper yang terkumpul tersebut milik jemaah haji kloter 77, 78 dan 79 yang akan diberangkatkan ke Asrama Haji Surabaya pada 20 Juni 2023 besok pagi, sekitar pukul 07.00 WIB, sementara jemaah haji Insya'Allah akan diberangkatkan ke asrama haji pada siang hari," terangnya, Senin (19/06/2023).

Muhajir menambahkan, koper milik jemaah haji nantinya akan dilakukan pemeriksaan untuk memastikan barang bawaan laik untuk diberangkatkan.

"Pengecekan nanti di Surabaya, dilakukan oleh petugas Bea dan Cukai untuk memeriksa barang bawaan jemaah satu per-satu," jelasnya. 

Kapasitas maksimal isi koper yang dibawa oleh jemaah haji seberat 20 kg. Sedangkan tas kecil jemaah haji maksimal seberat 7 kg.

"Setelah diperiksa nanti di sana akan dilakukan penimbangan oleh petugas," imbuhnya.

Pelepasan jemaah haji kloter 77 dan 78 Kabupaten Jombang direncanakan berangkat sekitar pukul 13.45 WIB. Karena CJH harus masuk ke Asrama Haji Surabaya pada pukul 16.00 WIB. Sedangkan untuk kloter 79 diberangkatkan Bupati Jombang sekitar pukul 15.00 WIB.

Jemaah haji Kabupaten Jombang sebanyak 1. 175 orang. Termasuk 44 orang CJH diberangkatkan melalui kloter 49 bergabung dengan CJH asal Kabupaten Lumajang. 

Pada kloter 77 sebanyak 355 CJH dan kloter 78 sebanyak 445 CJH. Sedangkan di kloter 79 sebanyak 244 CJH yang nantinya akan ada kloter tambahan sejumlah 47 CJH dari kota lain.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV