SUARA INDONESIA

BPJS Ketenagakerjaan Dorong Karyawan PT Rembaka Miliki Rumah Idaman

Redaksi - 13 July 2023 | 09:07 - Dibaca 1.63k kali
Peristiwa Daerah BPJS Ketenagakerjaan Dorong Karyawan PT Rembaka Miliki Rumah Idaman
BPJS Ketenagakerjaan bersama BTN dan PT Rembaka di acara sosialisasi MLT dan JMO (Foto : BPJS Ketenagakerjaan)

SURABAYA, Suaraindonesia.co.id - BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Juanda bersama Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Surabaya dan PT Rembaka gelar sosialisasi manfaat layanan tambahan (MLT) pembiayaan perumahan, Rabu (12/07/2023).

Bertempat di PT Rembaka, di kawasan Rungkut Industri, Surabaya, kegiatan ini dihadiri Asdep Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur Anang Rafidi, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda Guguk Heru Triyoko, Branch Manager BTN Cabang Surabaya Satrijo Katri Wilargo, dan Direksi PT Rembaka Johanes Tangguh.

Tidak kurang dari 100 karyawan yang mewakili lebih dari 2000 karyawan PT Rembaka sangat antusias mengikuti sosialisasi ini. 

Asdep Bidang Pelayanan BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jawa Timur Anang Rafidi mengatakan, sosialisasi ini dilakukan dengan harapan agar semakin banyak pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan bisa memiliki rumah idaman.

Anang menambahkan, selama ini peserta BPJS Ketenagakerjaan tahunya hanya soal program pensiun. 

"Padahal ada MLT pembiayaan perumahan yang bisa membantu memudahkan mereka memiliki rumah idaman," lanjutnya.

Anang berharap para pekerja peserta BPJS Ketenagakerjaan memanfaatkan program MLT ini semaksimal mungkin. 

Pihaknya siap membantu memberikan rekomendasi kepada perbankan agar mereka yang memenuhi kriteria bisa segera mendapatkan fasilitas tersebut.

Ditambahkan, MLT pembiayaan perumahan ini selain berupa Pinjaman Uang Muka Perumahan (PUMP), juga ada Pinjaman Renovasi Perumahan (PRP), dan Kredit Pemilikan Rumah (KPR). 

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda Guguk Heru Triyoko mengatakan, sosialisasi MLT kepemilikan rumah bagi peserta BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya sudah rutin diselenggarakan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda secara online, disamping juga secara offline

Menurutnya, sudah sekitar 70 persen peserta BPJS Ketenagakerjaan Cabang Juanda telah diberikan sosialisasi hal ini. Dia berharap akan semakin banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan yang belum memiliki rumah sendiri memanfaatkan program ini. 

Disampaikan pula, selain sosialisasi MLT pembiayaan perumahan, dalam kegiatan ini juga disosialisasikan pemakaian aplikasi Jamsostek Mobile (JMO). 

"Harapannya, setelah diberikan sosialisasi ini para peserta mulai membiasakan diri menggunakan aplikasi JMO untuk mengetahui semua informasi terkait BPJS Ketenagakerjaan," pinta Guguk. 

Branch Manager BTN Cabang Surabaya Satrijo Katri Wilargo mengatakan, pihaknya bersama BPJS Ketenagakerjaan Juanda siap membantu penyediaan perumahan bagi pekerja. 

Menurutnya, sejak program kerjasama ini diluncurkan, banyak peserta BPJS Ketenagakerjaan mengajukan permohonan MLT ini.

Dia menjelaskan bahwa bunga pinjaman yang ditawarkan dalam program ini relatif rendah.

"Sepanjang sejarah angkanya tak pernah mencapai 2 digit," tambahnya.

Sementara itu Direktur PT Rembaka Johanes Tangguh mengaku senang ketempatan acara yang menurutnya akan sangat bermanfaat bagi para karyawan. 

Dia berharap para karyawan yang mengikuti kegiatan ini memahami materi yang disosialisasikan, dan memanfaatkan sebaik mungkin. 

Ditambahkan, manajemen PT Rembaka sangat mensupport program MLT BPJS Ketenagakerjaan untuk kesejahteraan para pekerja ini. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV