SUARA INDONESIA

Rusia Tunjuk Perwira Militer Baru Serang Ukraina

Yuni Amalia - 13 January 2023 | 07:01 - Dibaca 1.13k kali
Peristiwa Internasional Rusia Tunjuk Perwira Militer Baru Serang Ukraina
Pasukan tentara Rusia (Foto: Istimewa)


JAKARTA - Negara Rusia, pada Rabu (11/1/2023), menunjuk Perwira tinggi militer untuk ditugaskan memimpin pasukan yang bertempur di Ukraina. 

Langkah tersebut, mencerminkan ketidakpuasan Kremlin terhadap kepemimpinan saat ini dan kelemahan dalam kinerja militer mereka.

Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan bahwa Jenderal Valery Gerasimov, kepala Staf Umum angkatan bersenjata Rusia, ditunjuk sebagai komandan baru kelompok pasukan terpadu di Ukraina.

Komandan sebelumnya, Jenderal Sergei Surovikin, diturunkan menjadi wakil Gerasimov bersama dua jenderal yang lain.

Langkah perombakan itu, yang secara resmi diperintahkan oleh Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu, dilakukan atas persetujuan Presiden Rusia Vladimir Putin. 

Hal itumenandakan, bahwa Putin masih memiliki kepercayaan pada para pemimpin militernya yang telah menghadapi kritik luas atas kinerja pasukannya dalam konflik tersebut.

Kondisi itu juga menunjukkan pengakuan atas kelemahan pasukan Rusia dalam melakukan apa yang Putin sebut sebagai "operasi militer khusus" di Ukraina.

Ketika mengumumkan penunjukan Gerasimov, Kementerian Pertahanan mengatakan bahwa langkah tersebut diambil untuk meningkatkan koordinasi antara berbagai pasukan yang berperang di Ukraina. [ka/rs]

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Yuni Amalia
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV