SUARA INDONESIA

Diskusi Dengan PKL Pinggiran, Saim Siap Fasilitasi Pendirian Koperasi

Gito Wahyudi - 15 September 2020 | 16:09 - Dibaca 1.17k kali
Politik Diskusi Dengan PKL Pinggiran, Saim Siap Fasilitasi Pendirian Koperasi
Saim diskusi gayeng dengan puluhan PKL

LAMONGAN - Bakal calon wakil bupati (Bacawabup) Kabupaten Lamongan, Sa'im menggelar diskusi dan sharing dengan pedagang kaki lima (PKL) di sebuah cafe yang terletak di Kelurahan Tumenggungan, Selasa (15/9/2020), siang.

Dalam diskusi tersebut, Saim berjanji memfasilitasi penuh proses pendirian koperasi bagi ratusan Pedagang Kaki Lima (PKL), yang berdagang di Bandaran, Kelurahan Tumenggungan. Salah satunya dengan proses pembuatan akta notaris dan pengawalan untuk memperoleh dana hibah pemerintah.

 "Tadi saat pertemuan para pedagang minta didirikan koperasi dan kita sepakati akan mewujudkan impian mereka. Secepat mungkin akan dilaksanakan, tanpa menunggu saya jadi wakil bupati dulu," ujar Ketua DPC PDI Perjuangan Lamongan ini.

Kebutuhan utama pedagang, ujar Saim, adalah berkaitan dengan permodalan usaha. Dan salah satu cara memperoleh permodalan adalah melalui koperasi.  Sehingga koperasi dapat membantu para pedagang dalam mengembangkan usaha serta menambah modal bagi mereka. 

"Jangan sampai karena keterbatasan modal, pedagang Lamongan mengadaikan televisi,  dan bahkan sampai rumahnya dijual. Ini justru tidak mencari solusi malah tambah masalah," ujar mantan Wakil Ketua DPRD Lamongan ini.

Selain itu, Saim juga berkomitmen untuk menata lokasi jualan PKL yang dinilai masih semrawut. Strateginya dengan mengelompokkan pedagang makan dengan minuman, pedagang pakaian dan seterusnya. 

"Kalau ditata yang baik. Maka hal itu juga akan memudahkan wisatawan dari luar daerah mencari keperluan dan oleh-oleh. Selama ini mereka kan pinjam modalnya di bank. Na kedepannya pemerintah daerah yang akan memberikan pinjaman ke merek," ungkapnya.

Sementara itu salah satu perwakilan PKL Lamongan, Mansyur mengapresiasi langkah Saim, yang bersedia mendengar dan berdiskusi secara langsung dengan PKL. Pihaknya juga berharap agar tidak ada lagi pedagang yang digusur. 

"Kalaupun digusur demi kepentingan masyarakat ya tidak apa-apa asal kita direlokasi ke tempat yang strategis agar dagangan kami ini laku pak," imbuhnya

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gito Wahyudi
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV