SUARA INDONESIA

Debat Kandidat Penting Untuk Menentukan Pilihan Masyarakat

- 09 November 2020 | 18:11 - Dibaca 1.94k kali
Politik Debat Kandidat Penting Untuk Menentukan Pilihan Masyarakat
Tampak berlangsung debat kandidat Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Keerom Keerom, Senin (09/11/2020) sore.

KEEROM - Debat kandidat Calon Bupati (Cabup) dan Calon Wakil Bupati (Cawabup) Kabupaten Keerom telah dilaksanakan dan berlangsung di Aula Kantor DPRD Keerom, Senin (09/11/2020) patut diberikan apresiasi.

Hal ini dapat dijadikan salah satu indikator untuk mengukur dan melihat kualitas demokrasi yang sedang berjalan. Debat dilakukan secara terbatas untuk di ruangan depat yang menerapkan protokol kesehatan, akan tetapi terbuka untuk seluruh masyarakat Keerom dengan menyaksikan secara langsung lewat media baik online, TV, Suara/radio dan yang lainnya.

Perlu diketahui bahwa Untuk Pilkada serentak Kabupaten Keerom tahun 2020 ada tiga Pasangan Calon (Paslon) yang siap bertempur. Dari tiga Paslon Bupati dan Wakil Bupati Keerom tersebut yaitu, MUH Markum dan Malensius Musui Nomor Urut 1, Piter Gusbager dan Waghfir Kosasih dengan Nomor Urut 2 dan Yusuf Wally dan Hadi Susilo dengan Nomor Urut 3.

Waket I DPRD Keerom, Syahabuddin berpendapat publik bisa menilai kemampuan calon pemimpin yang akan mereka pilih melalui debat yang berlangsung aman dan damai itu. Sehingga masyarakat dapat melihat dan menilai program-progam calon pemimpinnya.

“Untuk pemilih rasional, dan pemilih pemula, debat sangat berpengaruh buat mereka dalam menentukan pilihannya. Termasuk buat mereka yang belum menentukan pilihannya,” ujarnya ke Suara Indonesia usai debat berlangsung.

Karena menurut Dia, debat merupakan sarana yang ideal untuk menyampaikan visi misi, serta salah satu cara untuk mengukur kualitas, intelektual dan kemampuan masing-masing paslon.

"Saya berharap masyarakat bisa jadikan ini sebagai referensi untuk melihat dan menilai Paslon mana yang kira-kira mampu menjawab dan menyelesaikan persoalan-persoalan yang dihadapi oleh Kabupaten Keerom dan lebih khususnya masyarakat saat ini dan kedepannya,"bebernya.

Syahabuddin menambahkan, debat kandidat ini juga menjadi salah satu yang indikator untuk menentukan pilihan, sehingga masyarakat keerom bisa menjadi pemilih yang cerdas dan pemilih yang mampu menciptakan pemimpin yang memang terbaik dari yang baik.

Dalam pantauan Suara Indonesia, debat berlangsung dengan damai dan ketiga Paslon saling adu program dan visi misi masing-masing.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV