SUARA INDONESIA

Laksanakan Vaksinasi Sekaligus Serahkan Bansos, Polres Kutim Sasar Disabilitas

Eki Adi Nugroho - 12 August 2021 | 15:08
TNI/Polri Laksanakan Vaksinasi Sekaligus Serahkan Bansos, Polres Kutim Sasar Disabilitas

KUTAI TIMUR - Sebanyak 50 penyandang disabilitas memperoleh vaksinasi Covid-19 dan juga Bantuan Sosial (Bansos) dalam kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Polres Kutim, Kamis (12/8/2021).

Ditemui secara langsung di sela kegiatan vaksinasi yang dilaksanakan oleh Polres Kutim di Sekolah Luar Biasa (SLB) Sangatta Utara, Kapolres Kutim AKBP Welly Djatmoko melalui Kasubsi Penmas Humas Polres Kutim Ipda Danang menyampaikan, kegiatan tersebut dilaksanakan dengan sengaja menyasar disabilitas di Kutim.

Karena menurutnya, disabilitas di Kutim juga mempunyai hak yang sama dalam hal vaksinasi dan juga penerimaan bantuan, bahkan patut untuk diutamakan mengingat keterbatasan yang dimiliki.

"Covid-19 ini dapat menyerang siapa saja, tak terkecuali disabilitas. Oleh karena itu, kami sengaja dalam vaksinasi kali ini mengutamakan warga berkebutuhan khusus tersebut untuk menerima vaksin, karena mereka juga warga yang wajib kita ayomi dan lindungi," ujarnya, Kamis (12/8/2021).

Terkait proses vaksinasi, imbuhnya, petugas kesehatan yang bertugas tetap melaksanakan screening, seleksi, disertai penerapan protokol kesehatan yang ketat dalam pelaksanaannya untuk mengantisipasi kemungkinan penyebaran Covid-19.

Lebih lanjut, mengenai bantuan sembako yang diberikan, menurutnya hal tersebut adalah bentuk kepedulian dan juga perhatian dari Polres Kutim bagi masyarakat berkebutuhan khusus yang tentunya juga merasakan dampak yang sama akibat dari pandemi Covid-19.

"Adapun tahapan pelaksanaan vaksin Covid-19 dimulai dari tahap registrasi peserta, tahap screening, 3 tahap penyuntikan vaksin, 4 tahap penginputan data dan 5 tahap observasi," tuturnya.

Petugas yang melaksanakan screening dan penyuntikan dari Urkes Polres Kutim dan petugas vaksinator sebanyak 1 orang.

"Total vaksin yang di sediakan dalam giat vaksinasi sebanyak 5 vial atau 50 dosis dengan jumlah peserta sebanyak 50 orang," jelasnya. (adv)

Pewarta : Eki Adi Nugroho
Editor : Deni Ahmad Wijaya

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV