SUARA INDONESIA

Polres Jombang Gelar Lomba Memandikan Jenazah Jelang HUT Bhayangkara ke 76

Gono Dwi Santoso - 15 June 2022 | 10:06 - Dibaca 1.46k kali
TNI/Polri Polres Jombang Gelar Lomba Memandikan Jenazah Jelang HUT Bhayangkara ke 76
Anggota Polres Jombang saat mengikuti lomba memandikan jenasah di polres Jombang, Selasa (14/06/2022)

JOMBANG - Jelang HUT Bhayangkara ke 76, Polres Jombang, mengadakan lomba memandikan dan mengafani jenazah yang di ikuti oleh personil stafung dan polsek jajaran p yang adakan di halaman Masjid Agung Junnatul Fuaddah Polres Jombang, Selasa (14/6/2022)

Kapolres Jombang AKBP Moh Nurhidyat mengatakan, kegiatan ini memandikan jenazah ini diikuti personil gabungan Satfung dan Polsek jajaran sebanyak 26 tim dan lomba ini di wakili masing-masing tim terdiri 5 personil.

"Lomba itu sengaja diadakan oleh Kepolisian untuk mempersiapkan generasi amil (orang yang memandikan jenazah) mendatang guna membantu masyarakat yang membutuhkan," tambahnya.

Kegiatan lomba memandikan jenasah tersebut terlaksana sebagai bentuk pengaplikasian atas perintah Kapolri dan Kapolda Jatim untuk meningkatkan Kopetensi Sumber Daya Manusia (SDM).

Menurutnya, Polri tidak hanya secara memiliki ilmu Kepolisian saja, namun juga ilmu sosial sebagai bekal ketika dibutuhkan di masyarakat.

"Salah satunya adalah ketika terjadi hal yang urgen darurat di masyarakat, tentunya Polri juga diminta jika mampu untuk memberikan solusi. Ketika kekurangan orang pengetahuan agama terkait dengan format jenazah salah satunya memandikan dan juga mengafani,”  ucapny.

Pantauan di lokasi, peserta berkelompok yang berjumlah lima orang. Tiga orang duduk di kursi memangku boneka diibaratkan jenazah. Sementara dua orang melakukan proses mulai dari memimpin doa dan memandikan jenazah.

Selesai dimandikan, jenazah dipindahkan ke tempat lain lalu dikafani. Penilaian meliputi tiga aspek yakni, Adab, Urutan serta Kerapian dan diberi waktu 10 menit, adapun tim juri dari lomba tersebut dari  Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Jombang.

Untuk Pemenang lomba itu diambil tiga kelompok, dengan masing-masing mendapatkan uang pembinaan dan seperangkat alat shalat.

Dalam kegiatan ini Kapolres berharap  bisa memberikan hal yang bermanfaat secara internal bagi sumber daya manusia Polri dan juga nantinya bermanfaat untuk masyarakat.

"Serta nantinya akan menjadi agen pengetahuan informasi itu baik bagi personel maupun masyarakat, Khususnya para Babin yang ada di polsek jajaran,” pungkasnya.

Sejumlah tokoh agama memberikan apresiasi dan bangga kegiatan positif itu. Apresiasi di antaranya disampaikan oleh Ketua PCNU Jombang, KH Salmanudin Yazid dan Ketua Muhammadiyah Jombang KH Malik.

"Lomba tersebut sangat bermanfaat karena menjadikan pengetahuan lebih luas. Memandikan jenazah adalah tugas yang mulia dan membantu sama lain. Semoga kegiatan ini juga berkelanjutan dan bermanfaat bagi kita semua," kata KH Salmanudin Yazid ketua PCNU Jombang.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV