SUARA INDONESIA

Bupati Bondowoso Lantik Kades PAW Banyuwulu, Begini Pesannya

Bahrullah - 19 March 2021 | 17:03 - Dibaca 1.23k kali
Peristiwa Daerah Bupati Bondowoso Lantik Kades PAW Banyuwulu, Begini Pesannya
Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin saat melantik Kepala Desa Banyuwulu Kecamatan Wringin di pendapa kecamatan setempat (Foto: Bahrullah/Suaraindonesia).

BONDOWOSO - KH Salwa Arifin, Bupati Bondowoso berpesan kepada Rudi Hartono (45) Kepala Desa Pergantian Antar Waktu (PAW), Desa Banyuwulu Kecamatan Wringin masa bakti 2021-2023, agar mempermudah pelayanan dasar masyarakat.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Salwa usai melaksanakan pelantikan Kepala Desa Pergantian Antar Waktu di Desa Banyuwulu, Kecamatan Wringin, Kabupaten Bondowoso, Jumat (19/3/2021).

Lebih lanjut, Bupati menyampaikan, Kades PAW harus memberikan kemudahan kepada masyarakat yang membutuhkan pelayanan administrasi. Misalnya butuh tanda tangan.

"Jangan dipersulit masyarakat. Soalnya banyak laporan di beberapa desa dipersulit," ujarnya.

Bupati Salwa menuturkan, terkadang Kades itu tidak ada di kantornya, dan terkadang pula butuh beberapa hari dalam memenuhi pelayanan administrasi pada masyarakat.

Dia menguatkan, Kades jangan sampai mempersulit masyarakat, karena sejatinya pemerintah juga fungsinya sebagai pelayan rakyat.

Menurut dia, dengan melayani masyarakat dengan mudah, maka martabat pemimpin akan naik dan terhormat di mata masyarakat.

Namun sebaliknya, lanjut dia, jika tidak melayani masyarakat dengan baik, maka semakin rendah martabatnya publik.

"Menyusuri jabatan adalah menjalani tugas dengan sebaik-baiknya. Selamat kepada kepala desa yang baru dilantik," ucapnya.

Pimpinan kata dia, adalah pelayan masyarakat. Sehingga di daerah harus ada pimpinan, agar ada yang melayani masyarakat.

"Harus selalu ada saat dibutuhkan masyarakat. Maka harus mempermudah pelayanan. Jangan sampai terjadi keluhan masyarakat dipersulit," tegasnya.

Dia berharap kepala desa tetap berkoordinasi dengan lembaga hingga tingkat kabupaten. Sebab kata dia, jika program di desa berjalan dengan baik. Maka Kabupaten Bondowoso juga baik.

"Bekerja dengan sungguh-sungguh dan serius, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pelaksanaan program harus sesuai peraturan perundang-undangan," tegasnya.

Sementara itu, kepala desa yang baru dilantik, Rudi Hartono, mengaku siap merangkul semua kalangan. "Termasuk generasi muda Banyuwulu untuk bersama-sama membangun desa," katanya.

 Di masa transisi ini kata dia, program yang baik akan terus dilanjutkan, sementara untuk yang kurang baik akan lebih diperbaiki. Hal itu semata-mata untuk kesejahteraan masyarakat.

"Pemerataan pembangunan di Desa Banyuwulu akan dilaksanakan secara berkesinambungan. Melanjutkan kepemimpinan sebelumnya yang terpilih kembali tahun  2019-2023 kemarin," jelasnya.

Pemilihan kepala desa PAW Desa Banyuwulu Kecamatan Wringin dipilih beberapa waktu lalu, karena kades sebelumnya meninggal dunia. Rudi Hartono terpilih, kemudian dilantik Bupati Bondowoso KH Salwa Arifin.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV