SUARA INDONESIA

TeMACI Purworejo Salurkan Bantu ke Warga Brenggong

Widiarto - 13 June 2021 | 21:06 - Dibaca 719 kali
Peristiwa Daerah TeMACI Purworejo Salurkan Bantu ke Warga Brenggong
Penyerahan bantuan dari MACI Purworejo kepada warga Desa Brenggong melalui satgas covid Kecamatan Purworejo

PURWOREJO - Warga terkonfirmasi positif covid-19 di Desa Brenggong Kecamatan/Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, terus bertambah.

Dari data yang ada hingga Minggu (13/6/2021), tercatat dari 131 warga yang di tes, terdapat 91 orang dinyatakan positif, 3 orang meninggal dunia dan 78 orang masih melakukan isolasi mandiri.

Kondisi itu mengundang keprihatinan sejumlah pihak, salah satunya dari komunitas Motor Antique Club Indonesia (MACI) Chapter Purworejo. Bertepatan dengan anniversary ke-25 MACI Purworejo memberikan bantuan kepada warga Desa Brenggong, utamanya bagi warga yang terpapar covid-19.

Secara simbolis, bantuan berupa 1 kuintal beras, sayur-mayur, serta berbagai kebutuhan dapur umum diserahkan oleh Ketua MACI Purworejo, Edy Suroso, bersama perwakilan pengurus dengan mendatangi Posko PPKM Mikro Desa Brenggong.

Bantuan tersebut diterima Camat Purworejo Sudaryono selaku Ketua Satgas Covid-19 Kecamatan Purworejo, didampingi perwakilan Pemerintah Desa Brenggong, serta aparat TNI dan Polri.

“Karena situasi pandemi belum memungkinkan untuk mengadakan acara, kegiatan-kegiatan anniversary kami arahkan untuk saling membantu saudara kita yang terdampak Covid-19,” kata Edy, disela pemberian bantuan di Desa Brenggong, pada Minggu (13/6/2021).

Humas MACI Purworejo, Andy Setiawan, menambahkan, bahwa sedianya acara anniversary ke-25 tahun MACI yang dikemas dalam gathering dan tasyakuran sudah disiapkan di Objek Wisata Bukit Sikepel Purworejo.

Aksi sosial juga telah dirancang bersama dengan melibatkan Cah Purworejo Perantauan (CPP) dan Sahabat Purworejo, yakni pemasangan papan penunjuk arah serta tempat sampah di lokasi wisata.

Namun, berdasarkan hasil koordinasi dan arahan dari Satgas Covid-19 kecamatan setempat, kegiatan tersebut belum memungkinkan untuk digelar saat ini.

“Jadi diundur sampai situasi berpihak. Semua tentu agak kecewa, tapi akhirnya bisa kita siasati  dengan membuat kegiatan lain yang justru dibutuhkan masyarakat, yakni Baksos ke Desa Brenggong,” jelasnya.

Diungkapkan, MACI Purworejo saat ini beranggotakan sekitar 50 orang. Adanya aksi solidaritas kepada warga Desa Brenggong sekaligus mengajak komunitas lain untuk andil peduli dalam percepatan penanganan pandemi. Apalagi, kasus positif Covid-19 saat ini kembali melonjak.

“Kedatangan kami ke Desa Brenggong sekaligus untuk memberikan dukungan moral bahwa masih ada komunitas yang turut memberi perhatian. Bisa dikatakan ini menjadi implementasi program jogo tonggo oleh komunitas,” ungkapnya.

Sementara itu, Camat Purworejo Sudaryono, mengapresiasi aksi kepedulian MACI Purworejo. Selain meringankan beban warga melalui bantuan logistik, perhatian dan kehadiran MACI juga memberikan spirit bagi Satgas Covid-19.

Menurutnya, kondisi di wilayahnya sudah cukup membaik. Beberapa orang yang menjalani isolasi mandiri telah dinyatakan negatif.

"Sementara kebijakan one gate system (satu pintu masuk) di Desa Brenggong masih dilakukan sampai dengan situasi kondusif," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Widiarto
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV