SUARA INDONESIA

Kasdam V Brawijaya dan Wakapolda Jatim Ungkap Capaian Vaksinasi di Lamongan Bagus

M Nur Ali Zulfikar - 29 July 2021 | 20:07 - Dibaca 775 kali
Peristiwa Daerah Kasdam V Brawijaya dan Wakapolda Jatim Ungkap Capaian Vaksinasi di Lamongan Bagus
Kasdam V Brawijaya, dan Wakapolda Jatim didampingi Bupati Yuhronur Efendi, menijau vaksinasi di PT Intekraft (foto: istimewa)

LAMONGAN - Didampingi Bupati Yuhronur Efendi, Kasdam V Brawijaya Brigjen TNI Agus Setiawan bersama Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, kunjungan kerja (kunker) meninjau serbuan vaksinasi covid - 19 dan Rutilahu (rumah tidak layak huni), di Kabupaten Lamongan, Kamis (29/7/2021).

Dalam kesempatan tersebut, ke dua perwira tinggi TNI dan Polri itu, mengungkap tentang capaian vaksinasi di Jawa Timur yang tinggi dan terus meningkat, dalam arti cukup bagus.

"Secara keseluruhan capaian vaksinasi di provinsi Jawa Timur, Lamongan kalau tidak salah urutan 13, capaiannya sudah cukup bagus. Selain itu juga kita mencari capaian mobile yang dibentuk polda, satgas door to door mendatangi tempat-tempat yang susah untuk melakukan vaksinasi," ungkap Brigjen Agus saat memantau pelaksanaan serbuan vaksin di PT. Interkraft di Kecamatan Kedungpring.

"Perlu kami sampaikan, target vaksinasi Jatim sebanyak 70 persen, dari jumlah masyarakat Jatim sebanyak 41 juta jiwa, maka yang harus dicapai sebesar 31,8 juta jiwa. Sedangkan vaksin dosis 1 baru mencapai 7,4 juta atau sekitar 23 persen, sedangkan dosis 2 mencapai 2,9 juta atau baru 9,2 persen," tambahnya

Wakapolda Jatim Brigjen Pol Slamet Hadi Supraptoyo, mangimbau agar masyarakat yang belum vaksim, segera melaksanakan vaksinasi. Selain itu, dia juga mengajak untuk terus disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Jika masyarakat mau menjaga protokol kesehatan dan melaksanakannya dengan baik, secara otomatis PPKM akan turun levelnya. Jadi saya mengajak diri saya maupun masyarakat, saya ajak bareng-bareng, protokol kesehatan harus menjadi kebutuhan kita. Kalau sudah menjadi kebutuhan nanti perlahan penyebaran covid akan berkurang. Yang sudah melaksanakan vaksin harapan saya  jangan sembrono, tetap dijaga, jangan nanti terus diluar tidak pakai masker, sama saja nanti," tegasnya

Setelah melakukan peninjauan Rutilahu, Kadsam V/Brawijaya bersama Wakapolda Jatim melakukan peninjauan pelaksanaan serbuan vaksin di PT. Interkraft.  Kasdam Agus menjelaskan bahwa vaksinasi tersebut untuk memberikan fasilitas kepada masyarakat di sekitar perusahaan. Ditambahkannya bahwa target vaksinasi hari ini sebanyak 4 ribu vaksin sinovac.

Sementara itu, Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi, manerangkan, bahwa pelaksanaan vaksinasi di Kabupaten Lamongan sudah mencapai 16,6 persen. Dia juga menegaskan komitmennya mendukung penuh program vaksinasi nasional.

"Kita terus berusaha bagaimana herd immunity ini bisa tercapai. Kita menyesuaikan dengan kondisi turunnya vaksin, tapi yang jelas kita sudah hampir 100 persen, jika dilihat dari vaksin yang datang," tegasnya.

Selain meninjau serbuan vaksinasi. Kasdam dan Wakapolda juga melaksanakan sidak program Rutilahu dan jamban yang digagas Kodam V Brawijaya.

"Tadi kita juga meninjau Rutilahu dan jamban keluarga milik Sarning di Dusun Carangbang, Kecamatan Kedungpring. Program ini merupakan program tahunan Pemprov Jatim dan Kodam V Brawijaya. Di mana tahun ini, ada 2 ribu rutilahu, yang tersebar di 10 kodim. Rinciannya, setiap kodim memperoleh alokas 200 rumah," ujar perwira tinggi TNI AD dengan satu bintang di pundak ini.

"Sasaran utamannya, adalah rumah yang masih dinding sesek, lantainya masih dari tanah, atap masih perlu renovasi, dan juga dilihat dari mata pencaharian penerima bantuan.

Setiap saat selalu kita survei sehingga diharapkan tepat sasaran dan bisa mensejahterakan masyarakat yang kurang mampu. Nilai per-unit rata-rata 15 juta, tapi kenyataannya bisa over karena bantuan masyarakat sekitar, kepolisian dan pemerintah daerah setempat," pungkasnya

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : M Nur Ali Zulfikar
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV