SUARA INDONESIA

Baznas Surabaya Salurkan Ratusan Kursi Roda untuk Penyandang Disabilitas

Lukman Hadi - 19 February 2022 | 22:02 - Dibaca 1.85k kali
Peristiwa Daerah Baznas Surabaya Salurkan Ratusan Kursi Roda untuk Penyandang Disabilitas
Foto: Istimewa

SURABAYA - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Surabaya menyalurkan ratusan kursi roda kepada penyandang disabilitas berstatus masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Bantuan yang dibagikan tersebut, merupakan hasil zakat, infak dan sedekah (ZIS) yang dihimpun Baznas melalui Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya serta masyarakat.

Wali Kota Eri Cahyadi mengatakan, ada sebanyak 100 kursi roda yang hari ini disalurkan kepada MBR penyandang disabilitas.

"Insya Allah ada 100 tempat yang kita memberikan kursi roda. Jadi saya ingin memberitahukan semuanya, bahwa hari ini adalah Hari Pencanangan bagi orang yang tidak bisa berjalan. Maka kita berikan kursi roda dan bantuan kaki palsu," kata Eri, Sabtu (19/2/2022).

Bantuan kursi roda diharapkan bisa membantu meringankan beban warga. Utamanya, penyandang disabilitas yang memang membutuhkan bantuan alat untuk berjalan.

"Semoga dengan bantuan ini, warga jadi bisa berkomunikasi lagi, bisa menjalankan hablum minannas dengan sesama manusia, itu bisa dilakukan," kata Eri.

Eri memberikan motivasi kepada warga dengan keterbatasan fisik untuk tetap bersemangat dan tidak minder menjalin komunikasi dengan warga yang lain.

"Nanti akan saya canangkan lagi di titik tertentu pada bulan Maret, bebas stunting dan tidak ada lagi kemiskinan," jelasnya.

Sementara Ketua Baznas Surabaya, Moch Hamzah menyampaikan, selain 100 unit kursi roda, di bulan Februari 2022 pihaknya juga menyalurkan beasiswa kepada 1500 pelajar SMP dari keluarga MBR dan 172 anak asuh.

"Untuk yang (disalurkan) saat ini ada 100 kursi roda. Tapi setiap bulannya, kita alokasikan 50. Dan itu juga tergantung dari pengajuan, baik melalui Dinas Sosial (Dinsos) Surabaya maupun kecamatan," terangnya.

Warga penerima kursi roda, Fatimah mengaku senang atas bantuan yang diberikan kepadanya. Baginya, ini tentu sesuatu yang luar biasa, karena dirinya bisa diperhatikan dan bahkan rumahnya dikunjungi langsung oleh Wali Kota Eri Cahyadi.

"Alhamdulillah kulo (saya) dapat bantuan kursi roda, kale (sama) sembako. Semoga keluarga Pak Wali Kota sehat sedoyo (sehat semua) dan rezekinya katah (banyak rezekinya)," ungkap Fatimah.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Lukman Hadi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV