SUARA INDONESIA

Kunjungi Ponpes Darul Ulum Jombang, Erick Tohir: Santri Bisa Jadi Pemimpin

Gono Dwi Santoso - 08 April 2022 | 15:04 - Dibaca 1.15k kali
Peristiwa Daerah Kunjungi Ponpes Darul Ulum Jombang, Erick Tohir: Santri Bisa Jadi Pemimpin
Mentri BUMN Eric Tohir di dampingi Wakil Gubernur Jawa Timur Emil Dardak, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab,serta pengasuh pondok pesantren Darul Ulum Jombang saat penyerahan tropi juara kepada pemenang lomba Sholawat Banjari tingkat SMA Jatim di Ponpes D
JOMBANG -  Menteri BUMN Erick Thohir mengunjungi Pesantren Tinggi Darul Ulum (Unipdu) pada kegiatan final festival Banjari tingkat SMA sederajat se-Jawa Timur " Shalawat Banjari, Melembutkan Hati Memuliakan Akhlaq", Jumat (8/4/2022). 

Dalam sambutannya, Erick menyampaikan para santri mampu menjadi pemimpin masa depan. 

Menurutnya, pemuda di zaman sekarang harus berani menghadapi berbagai tantangan dan cepat beradaptasi dalam hal apapun. Sehingga, mampu membangun peradaban dan bangsa ke arah yang lebih baik. 

Dirinya menilai, jika seorang manusia bekerja keras maka tidak akan ada hal yang sulit. Semua yang dicita-citakan tentu akan berusaha untuk digapai. 

"Ini contoh, keberanian seperti yang diajarkan almarhum bapak saya. Bahwa saya tantang yang berani ke depan, pertanyaannya susah ternyata pertanyaan gampang, cuma nanya cita-cita, artinya tidak ada yang susah kalau mau bekerja keras," kata Erick sembari memberikan beasiswa terhadap santri yang berani maju dan menjawab pertanyaan. 

Di hadapan ribuan santei, Erick menjelaskan, para pemuda yang disebut generasi milenial akan dituntut untuk mampu mengisi pekerjaan apapun, oleh karenanya harus memiliki pengetahuan atau melek teknologi. 

"Kita perlu data scientist, kita perlu generasi muda yang mengerti artificial intellegence, kita perlu mainance scientist. Ini merupakan kata sulit yang bukan menjadi ancaman dan ketakutan. Justru ini yang harus diambil," tegasnya. 

Dia mengungkapkan BUMN saat ini sangat terbuka mendorong dan melakukan kerja sama dengan pesantren-pesantre, serta santri-santri untuk meningkatkan kapabilitas pendidikan bangsa Indonesia. 

"Kita ingin santri-santri bisa menjadi bagan. Bagian yang menjadi pertumbuhan ekonomi. Makanya, BUMN punya program magang santri, hari ini sudah ke 3200 santri yang sekarang magang di BUMN. Santri adalah SDM kelas satu, mempunyai pendidikan dan akhlak yang luarbiasa," ujarnya. 

Sementara itu, salah satu pengasuh pesantren, KH Zaimudin Wijaya Asad, mengungkapkN apresisasinya atas beasiswa yang diberikan oleh Menteri BUMN, kepada para santri Darul Ulum tersebut. 

"Nantinya ada 50 santri yang mendapat beasiswa hingga lulus tingkat SMA yang digelontorkan," ungkapnya. 

Pada kesempatan yang sama, Panitia kegiatan, Gus Zahrul Azhar Asumta Pengasuh Pesantren Quenn Darul Ulum mengatakan, Menteri Erick Thohir memiliki kepedulian yang tinggi terhadap dunia pesantren. 

"Mentri Erick ini sangat peduli dengan dunia pesantren. Bentuk aspirasi beliau yang memotivasi peranan para santri yang diharapkan lagi terhadap pembangunan bangsa sesuai dengan bidangnya," ucapnya. 

Dalam kegiatan final festival banjari tersebut juga dihadiri Wakil Gubernur Emil Dardak, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab, Kapolres Jombang AKBP Nur Hidayat, sejumlah pimpinan direksi BUMN dan beberapa Kyai dan Ibu Nyai pengasuh pondok pesentren Darul Ulum. (Gono/Will)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV