SUARA INDONESIA

Cegah PMK Pada Hewan Ternak, Ratusan Sapi di Cilacap Divaksin 

Agus Sulistya - 07 July 2022 | 17:07 - Dibaca 1.10k kali
Peristiwa Daerah Cegah PMK Pada Hewan Ternak, Ratusan Sapi di Cilacap Divaksin 
Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap melalui Bidang Peternakan gencar melakukan vaksinasi hewan ternak sapi

CILACAP - Jelang Idul Adha, Dinas Pertanian Kabupaten Cilacap melalui Bidang Peternakan gencar melakukan vaksinasi hewan ternak sapi. Kali ini di Desa Bunton Kecamatan Adipala, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (7/7/2022).

Dalam kesempatan itu, bertindak sebagai vaksinator, Drh. Samsul melakukan vaksin kepada ratusan sapi milik peternak didampingi Kepala Desa setempat, aparat TNI-Polri dan anggota PPL Desa Bunton. 

Kepala Desa Bunton, Sudin mengatakan, bahwa sebanyak 200 ekor sapi divaksin. Hal ini merupakan upaya pencegahan penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang menjangkit hewan ternak. 

"Tujuannya adalah untuk mencegah penularan dan penyebaran virus PMK pada hewan ternak sapi, khususnya di Desa Bunton ini," ungkapnya

Sementara, Saleh dari Bidang Peternakan Dinas Pertanian Cilacap menyampaikan, bahwa vaksinasi hewan ternak merupakan program dari Dinas Pertanian Cilacap melalui Bidang Peternakan. 

"Vaksinasi hewan ternak ini dilakukan secara bergilir. Dan ini upaya kita agar penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku di wilayah Kabupaten Cilacap tidak semakin meluas," jelasnya. 

Lebih lanjut, pihaknya juga mengimbau kepada warga khususnya peternak sapi agar senantiasa menjaga kebersihan kandang ternaknya, dengan menyemprotkan cairan disinfektan. 

"Kemudian juga merawat sapinya dengan memberikan obat-obatan tradisional. Dan adanya pemberian vaksin ini, diharapkan dapat memberikan kekebalan pada daya tahan tubuh sapi," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Agus Sulistya
Editor : Moh.Husnul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV