SUARA INDONESIA

Hal-hal yang Harus Dilakulan Saat Anak Baru Lahir, Bapak Muda Harus Tahu

Redaksi - 14 July 2022 | 18:07 - Dibaca 997 kali
Peristiwa Daerah Hal-hal yang Harus Dilakulan Saat Anak Baru Lahir, Bapak Muda Harus Tahu
Potret seorang bayi didalam rumah
JEMBER- Seorang bayi yang baru lahir haruslah diperlakukan sebagaimana mestinya, sesuai dengan apa yang telah ditetapkan dalam kaidah Fiqih Islam.

Hal tersebut, tak hanya bagian dari menjalankan perintah Allah SWT ataupun mengikuti sunah Rasulullah SAW, tetapi juga berguna untuk bayi yang baru lahir tersebut.

Adapun hal-hal yang harus dilakukan pada bayi yang baru lahir, sebagaimana yang disebutkan oleh Sulaiman Rasjid dalam bukunya Fiqih Islam, ialah sebagai berikut:

Pertama, menyuapi sang bayi dengan sesuatu yang manis, seperti menyuapinya dengan kurma sebagaimana yang dilakukan oleh Rasulullah pada anaknya.

Kedua, Mengumandangkan azan di dekat telinga bagian kanan bayi yang baru lahir lalu dibacakan iqamah di telinga kirinya.

"Dari Sahabah, "Sesungguhnya Rasulullah SAW telah azan pada telinga Husain (cucu beliau) ketika Fatimah melahirkan Husain," HR Ahmad dan Tirmizii.

Hadis ini juga diperkuat dengan hadis lain yang menyebutkan bahwa siapa yang mengumandangkan azan dan iqamah pada bayi dapat menyelamatkan bayi dari gangguan jin dan juga penyakit.

"Dari Husain bin Ali (cucu Rasulullah SAW), Rasulullah SAw telah bersabda, 'Baramg siapa anaknya lahir, maka telinganya yang kanan diazani dan telinganya yang kiri diiqamahi, niscaya selamatlah anak itu dari jin dan penyakit," diketengahkan oleh Ibnu Sinni.

Itulah, dua hal yang hendaklah dilakukan saat bayi baru lahir sebagaimana yang disebutkan dalam hadis-hadis Rasulullah. (Ree)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV