SUARA INDONESIA

Warga Sebut Benda Jatuh ke Atap Rumah di Banyuwangi Mirip Suara Kapal

Muhammad Nurul Yaqin - 27 August 2022 | 21:08
Peristiwa Daerah Warga Sebut Benda Jatuh ke Atap Rumah di Banyuwangi Mirip Suara Kapal

BANYUWANGI- Benda diduga jatuh dari langit yang buat geger warga di Perumahan Kalipuro Asri, Kelurahan/Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, masih jadi misteri.

Warga menduga, benda seperti bola api yang jatuh tepat di atas rumah milik Pri Trisno Sumardi hingga melubangi genteng itu adalah lampu suar kapal.

Dikarenakan ada serpihan lampu yang pecah setelah terjadi ledakan. Benda itu juga sempat bikin heboh warga, karena sempat mengeluarkan api dan asap.

"Dugaan saya, seperti pengalaman di kota dulu itu mirip lampu sein atau lampu suar. Semacam penanda yang biasa dipakai untuk kapal-kapal yang ada di tengah laut kalau minta bantuan," kata Pri Trisno Sumardi.

Tapi anehnya, kawasan yang kejatuhan benda mirip suar kapal tersebut jauh dari pelabuhan maupun laut. "Tapi ini kok ada di darat, ini yang jadi pertanyaan," ucapnya.

Hingga saat ini, benda itu masih belum teridentifikasi. Namun di area jatuhnya, warga menemukan benda lain yang diduga adalah pembungkus. 

Sampai berita ini diterbitkan, benda itu masih misterius dan mengundang penasaran warga.

Seperti diberitakan sebelumnya, kejadian benda jatuh diduga dari langit mirip bola api itu terjadi pada Sabtu (27/8/2022) sekitar pukul 18.30 WIB.

Benda itu jatuh dan menimpa bangunan rumah hingga mengakibatkan genteng bolong milik Pri Trisno Sumardi.

Salah satu warga, Muhammad Sarkawi mengaku melihat secara jelas benda tersebut jatuh. Penampakannya merah terang seperti nyala lampu petromak.

"Tiba-tiba ada yang jatuh dari langit. Semula tidak menyala pas kena genteng tiba-tiba keluar api. Benda itu bergulir ke bawah ke kanopi, terus ke talang plastik dan muncul percikan api," kata Sarkawi sapaan akrabnya.

Sarkawi menyebut 3 benda serupa yang jatuh secara bersamaan. Namun hanya 1 yang jatuh menimpa genteng warga. "Yang dua selamat gak sampai kena rumah," ujarnya.

Sementara kesaksian pemilik rumah, Pri Trisno Sumardi. Saat kejadian, dirinya mendengar suara ledakan dari atap rumah, setelah dilihat ternyata ada benda mirip bola api.

"Ada ledakan waktu awal jatuh, setelah itu langsung keluar bola api, asap juga muncul, kemudian bola api makin besar sampai melubangi genteng," kata Pri saat dikonfirmasi di TKP.

Menurut dia, benda mirip bola api yang masuk dalam rumahnya hampir membakar rumah, namun dirinya secara cepat melakukan antisipasi.

"Awalnya turun di genteng terus tembus sampai ke dalam rumah, berupa bola api. Sisa serpihannya, turun ke talang, terus padam. Kalau tidak sampai diantisipasi sebelumnya, mungkin terbakar sudah rumah saya," jelas Pri.

Tidak ada kerusakan parah yang ditimbulkan akibat ledakan tersebut. Hanya saja pemilik rumah sempat kaget. "Ndak ada yang rusak, hanya genting saya saja yang sampai tembus," ungkapnya.

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV