SUARA INDONESIA

Peserta Pelatihan Literasi BI Keracunan Massal di Banyuwangi

Muhammad Nurul Yaqin - 12 December 2022 | 10:12 - Dibaca 1.86k kali
Peristiwa Daerah Peserta Pelatihan Literasi BI Keracunan Massal di Banyuwangi
Korban diduga keracunan makanan dibawa ambulan ke rumah sakit. (Istimewa).

BANYUWANGI - Puluhan peserta pelatihan literasi Bank Indonesia (BI) diduga keracunan massal. Mereka mendadak mengalami mual dan diare setelah makan malam di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi, Minggu (11/12/2022) malam.

Para peserta yang sebagian besar adalah jurnalis dari beberapa daerah di Jawa Timur itu langsung dirujuk ke RSUD Blambangan dan RS Yasmin untuk mendapatkan perawatan medis. Diduga kuat mereka mengalami keracunan makanan secara masal. 

Namun belum diketahui secara pasti, apakah mereka keracunan karena makanan di Hotel Ketapang Indah atau karena makanan sebelumnya yang mereka santap di Alas Purwo.

Salah satu korban, Rusdi menceritakan dirinya mulai mengalami gejala mual dan sakit perut sejak pulang dari Alas Purwo. 

"Kalau yang saya rasakan sendiri, sepulang dari Alas Purwo perut nggak enak. Di Alas Purwo makan siang, menunya full seafood," ungkapnya saat dikonfirmasi via telepon seluler, Senin (12/12/2022).

Sesampainya di Hotel Ketapang Indah, Rusdi mengaku masih mengalami sakit perut dan beberapa kali keluar masuk kamar mandi. 

"Saya pikir itu karena efek sambal (makanan di Alas Purwo). Saya kan kalau makan pedas gitu. Tapi ini kok sering," jelas wartawan asal Jember itu.

Meski perutnya bermasalah, Rusdi tetap ikut menyantap makan malam saat gala dinner di Hotel Ketapang Indah. "Kalau di hotel menunya banyak. Saya sendiri hanya makan bakso," ujarnya.

Namun beberapa waktu kemudian, banyak peserta lainnya yang juga mengalami gejala mual hingga diare. Hingga akhirnya mereka harus dirujuk ke RSUD Blambangan dan RS Yasmin untuk mendapatkan perawatan.

"Dapat kabar yang lain juga mengalami gejala setelah dinner. Jadi saya kurang tahu apa (keracunan) ini karena makanan di Alas Purwo atau pas makan malam di Ketapang Indah," tegasnya.

Hal senada dikatakan korban lain Bayu, ia sedikit menceritakan jika gejala yang dirasakan tidak secara langsung. 

Justru dirinya mengalami sakit perut sekitar pukul 23.30 WIB hingga mengeluhkan mual-mual saat sesudah makan malam di Hotel Ketapang Indah Banyuwangi.

"Saya langsung dilarikan ke rumah sakit sekitar pukul 01.30 WIB baru bisa dibolehkan pulang sekitar pukul 04.30 WIB," ucap wartawan asal Kediri ini.

Bayu mengaku belum mengetahui pasti penyebab insiden yang dialaminya bersama puluhan peserta, apakah karena makanan di Alas Purwo atau di Hotel Ketapang Indah.

"Untuk di Alas purwo saya makan kepiting, kerang ijo, cumi sama ikan bakar sedangkan di ketapang saya cuman makan buah, bakso, ayam betutu, cumi sama udang," bebernya.

Meski demikian, Bayu menyebut jika kondisi dirinya saat sudah membaik setelah mendapat perawatan dari RSUD Blambangan. "Kalau sekarang kondisi sudah seperti normal, kalau semalam sempat lemas dan mual juga," tegasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : M Ainul Yaqin

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV