SUARA INDONESIA

Bupati Jombang Tinjau Ratusan Sapi Terjangkit Virus LSD

Gono Dwi Santoso - 16 March 2023 | 12:03 - Dibaca 882 kali
Peristiwa Daerah Bupati Jombang Tinjau Ratusan Sapi Terjangkit Virus LSD
Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab saat mendatangi kandang milik ABDUROHIM yang sapi nya terserang virus Lumpy Skin Disease, di Dusun Gempolpait Desa Banjardowo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang, Kamis (16/03/2023).

JOMBANG - Ratusan sapi di Jombang terserang virus Lumpy Skin Disease , Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab berikan bantuan obat-obatan sekaligus melihat langsung kondisi sapi yang terkena virus Lumpy Skin Disease di Dusun Gempolpait Desa Banjardowo Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang ,Kamis (16/03/2023).

Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab setiba di lokasi langsung menuju kandang sapi dimana Bupati Jombang diberikan penjelasan oleh dinas peternakan terkait virus Lumpy Skin Disease oleh Dinas Peternakan Kabupaten Jombang.

Bupati melihat langsung kondisi terkini sapi yang terserang Lumpy Skin Disease dan berdialog dengan pemilik sapi Abdurohim yang sapinya terserang Lumpy Skin Disease sudah 10 hari dan berangsur membaik.

Dikonfirmasi terkait kunjungan ke peternak sapi yang terserang virus Lumpy Skin Disease, Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab mengatakan, bahwa jumlah kesembuhan sapi yang terjangkit LSD ini kian tinggi hingga 50 persen.

"Kini jumlahnya ada 992 ekor. Mulai 6 Januari sampai Maret sekarang ini tercatat itu. Tapi penyembuhan sudah 50 persen. Itu ada di 14 Kecamatan," ungkap Bupati Mundjidah saat meninjau lokasi sapi terjangkit LSD .

Bupati mengatakan, bahwa saat ini langkah yang dilakukan Pemerintah Kabupaten melalui Dinas Peternakan yakni menunggu laporan dari peternak yang sapinya terjangkit virus LSD.

"Langkah yang awal, peternak harus lapor ke Dinas, kemudian petugas lapangan ini mengunjungi dan berdasarkan itu ditangani. Ada dokter juga," paparnya.

Bupati mengaku peternak sapi yang didatangi dokter dan petugas dari dinas peternakan akan diberikan obat-obatan untuk mengobati sapi yang terjangkit LSD.

"Dikasi obat-obatan. Seperti vitamin. Karena virus ini membuat hewan menjadi demam tinggi dan nafsu makan menurun. Dan nanti hewan ini akan pincang (karena virus LSD). Jadi lemah hewannya," ujar Bupati.

Bupati mengatakan saat ini, kasus LSD di Jombang ini sudah dilaporkan ke Dinas Peternakan Provinsi Jatim.Sehingga Dinas peternakan Jombang masih menunggu kedatangan vaksin LSD untuk sapi potong.

"Vaksin ini kita minta ke provinsi, ternyata provinsi juga nunggu dari pusat (Kementerian). Untuk itu hari ini proses nunggu impor dari luar," jelas Bupati.

Meski ada ratusan sapi terjangkit LSD, Bupati mengaku selama ini belum ada laporan kematian sapi akibat LSD. "Tidak ada laporan sapi mati karena LSD,"  pungkasnya.

Sebelumnya, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang mencat ada sekitar 938 ekor sapi yang terjangkit LSD sejak tanggal 6 Februari hingga 11 Maret 2023. Sapi-sapi ini ada di beberapa Desa yang ada di 13 Kecamatan. Kini jumlah ini bertambah menjadi 14 Kecamatan.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV