SUARA INDONESIA

Kesehatan Sapi di Sampang Aman Jelang Lebaran Idul Adha

Hoirur Rosikin - 06 June 2023 | 14:06 - Dibaca 1.33k kali
Peristiwa Daerah Kesehatan Sapi di Sampang Aman Jelang Lebaran Idul Adha
Sapi merah milik petani di Kabupaten Sampang, Madura, Jawa Timur (Foto: Hoirur Rosikin/Suarindonesia.co.id)

SAMPANG, Suaraindonesi.co.id - Menjelang Lebaran Idul Adha tahun 2023 kesehatan hewan ternak sapi di Sampang masih aman untuk mengahadapi kebutuhan kurban.

Kapala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Disperta KP) Sampang, Suyono melalui Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan, Arif Rahmat mengatakan untuk kesehetan Hewan sapi menjelang Lebaran tetap aman.

Disperta KP menanggapi sebaran kasus penyakit sapi Lumpy Skin Disaese (LSD), dengan melakukan vaksin terhadap sapi di Kabupaten Sampang, seperti daerah Kecamatan Sokobanah, Kecamatan Ketapang dan sejumlah kecamatan lain.

"Untuk kasus penyakit LSD tersebut dalam penularannya tidak seperti PMK yang capat menular. LSD sendiri penularannya tidak terlalu keras dan penyakitnya juga tidak separah PMK," jelasnya, saat dikonfirmasi Suaraindonesia.co.id Senin (05/06/2023).

Namun, menurut Arif Rahmat sebenarnya panyakit LSD pada sapi sudah lama ada sebelum PMK. Karena penularannya tidak separah PMK sehingga dampaknya tidak terlalu dirasakan di tahun 2022 lalu.

"LSD tersebut sebenarnya sudah ada ditahun 2022, dimulai dari Jawa Tengah dan menjalar ke Jawa Timur. LSD dan PMK lebih dulu LSD, tapi penularannya lambat," terangnya.

Ia mengatakan, peternak sapi agar selalu membersihkan kandang sapi setiap hari, memperhatikan minuman serta pakan dan selalu melakukan vaksinasi hewan untuk menjaga kekebalan tubuh hewan ternak, agar sapi jauh dari penyakit.

"Saya berharap, para peternak ketika  sapi peliharaannya mengalami sakit agar melapor ke kami, untuk dilakukan tes laboratorium guna mengetahui jenis penyakitnya," pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Hoirur Rosikin
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV