SUARA INDONESIA

Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Dinas Peternakan Jombang Sidak Stand Pedagang

Gono Dwi Santoso - 23 June 2023 | 17:06 - Dibaca 1.18k kali
Peristiwa Daerah Pastikan Kesehatan Hewan Kurban, Dinas Peternakan Jombang Sidak Stand Pedagang
Kabid Kesehatan Hewan Dinas Peternakan Kabupaten Jombang, drh. Azis Daryanto melakukan pengecekan hewan kurban di salah satu stand pedagang di Dusun Parimono Desa Plandi, Kecamatan/ Kabupaten Jombang. (Foto: Gono Dwi Santoso/Suaraindonesia.co.id).

JOMBANG, Suaraindonesia.co.id - Hari Raya Idul Adha digelar pekan depan, permintaan dan pembelian hewan kurban pun semakin meningkat.

Mengantisipasi adanya hewan kurban sakit dijual pedagang, Dinas Pertenakan Kabupaten Jombang datangi satu persatu lapak pedagang hewan kurban.

Tujuannya untuk memastikan kesehatan hewan kurban, apakah dalam kondisi baik dan layak jual atau tidak.

Salah satu lapak pedagang hewan kurban milik Suwandi di Dusun Parimono, Desa Plandi, Kecamatan/Kabupaten Jombang juga  tak luput dari sasaran pemeriksaan petugas kesehatan hewan.

Selain kesehatan hewan, petugas juga memeriksa gigi hewan kurban sebagai penanda usia hewan kurban apakah telah cukup umur sesuai tuntunan agama.

Dalam sidak kesehatan hewan kali ini, petugas mendapati 3 ekor sapi belum divaksinasi dan eartag. Untuk mengantisipasi hal tak diinginkan, petugas kesehatan hewan melakukan divaksinasi dan eartag di tempat serta memberikan suntikan vitamin.

Kepala Dinas Pertenakan Kabupaten Jombang, Agus Susilo Sugiyoto mengatakan sidak kesehatan hewan dilakukan berkala, sepekan lalu sidak yang sama juga telah dilakukan.

"Kita kumpulkan semua mantri hewan ataupun dokter hewan untuk melaksanakan kegiatan pengecekan kesehatan hewan kurban di wilayahnya masing-masing," ujarnya, Jumat (23/06/2023).

Disamping memeriksa kesehatan hewan, Dinas Peternakan Kabupaten Jombang juga memberikan obat untuk penyemprotan kandang agar tetap bersih dan terhindar dari bakteri maupun virus yang dapat mempengaruhi hewan kurban.

Sementara pedagang hewan kurban, Suwandi (42) mengatakan di lapak dagangannya terdapat 150 ekor kambing, 25 ekor domba, dan 3 ekor sapi.

"Hari Raya Idul Adha kurang 1 Minggu ini, hewan kurban di lapak saya sudah terjual sekitar 40 ekor kambing. Jika dibandingkan tahun lalu, penjualan hewan kurban tahun ini mengalami kenaikan 5 persen," ungkapnya.

Pedagang hewan kurban menyambut baik pemeriksaan yang dilakukan Dinas Peternakan, sebab dengan begitu pedagang lebih merasa aman berjualan karena seluruh hewan kurban dagangan mereka telah diperiksa rutin oleh petugas yang memahami kelayakan hewan ternak untuk dijual.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Gono Dwi Santoso
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV