SUARA INDONESIA

14 Hari Operasi Patuh Candi 2023, Polresta Cilacap Tindak 4.066 Pelanggar

Satria Galih Saputra - 24 July 2023 | 15:07 - Dibaca 678 kali
Peristiwa Daerah 14 Hari Operasi Patuh Candi 2023, Polresta Cilacap Tindak 4.066 Pelanggar
Anggota Polresta Cilacap menindak sejumlah pengendara kendaraan roda dua yang melanggar lalu lintas (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP, Suaraindonesia.co.id - Ribuan pengendara kendaraan bermotor yang melanggar aturan lalu lintas di wilayah hukum Polresta Cilacap berhasil ditindak Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Cilacap. 

Hal itu dilakukan pada saat pelaksanaan Operasi Patuh Candi di tahun 2023 yang berlangsung selama 14 hari. 

"Selama operasi berlangsung, Satlantas Polresta Cilacap giat melakukan penindakan terhadap para pelanggar lalu lintas, tak hanya pagi hari, namun juga malam hari," kata Kapolresta Cilacap Kombes Pol Fannky Ani Sugiharto, Senin (24/07/2023). 

Alhasil, terhitung sejak tanggal 10 Juli hingga 23 Juli 2023, Satlantas Polresta Cilacap berhasil menindak 4.066 pelanggar. 

"Adapun beberapa jenis pelanggaran yang ditindak yaitu Etilang (Elektronik Tilang) sebanyak 3230 pelanggar, tilang manual 418 pelanggar, pelanggaran kasat mata 153 pelanggar, serta penggunaan knalpot brong sebanyak 265 pelanggar," ungkap Kapolresta. 

Kombes Pol Fannky menyebut, Operasi Patuh Candi 2023 telah menunjukkan hasil yang positif dengan berhasil menindak ribuan pelanggar lalu lintas. 

"Operasi ini dilakukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya mentaati aturan lalu lintas demi menjaga keamanan dan ketertiban berlalu lintas," jelasnya. 

Dari hasil operasi yang dilaporkan, terdapat juga kejadian laka lantas selama pelaksanaan Operasi Patuh Candi berlangsung. Tercatat 15 kejadian laka lantas yang terjadi dengan 20 orang mengalami luka ringan. 

Kendati demikian, menurut Kapolresta angka tersebut menunjukkan penurunan sebesar 73 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya. 

"Hal ini menunjukkan efektivitas operasi dalam menurunkan angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Cilacap," ujar Polisi berpangkat Kombes Pol ini. 

Kapolresta Cilacap mengapresiasi atas kinerja para personel di lapangan dan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat yang telah patuh dan taat dalam berlalu lintas selama Operasi berlangsung. 

Dalam kesempatannya, Kapolresta juga mengingatkan kepada seluruh pengguna jalan untuk tetap disiplin dan mematuhi aturan lalu lintas demi terciptanya keamanan dan ketertiban berlalu lintas di wilayah Cilacap.

"Semoga kesadaran akan pentingnya patuh terhadap aturan lalu lintas terus meningkat sehingga angka kecelakaan dapat terus ditekan dan keselamatan berlalu lintas menjadi prioritas bagi semua pihak," tutupnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Irqam

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV