SUARA INDONESIA

Bupati Bondowoso Secara Resmi Buka TMMD 110

Bahrullah - 02 March 2021 | 21:03 - Dibaca 800 kali
TNI/Polri Bupati Bondowoso Secara Resmi Buka TMMD 110
KH Salwa Arifin Bupati Bondowoso saat Memberikan Sambutan di Saat Membuka Acara TMMD di Pendopo Bupati (Foto: Bahrullah/Suaraindonesi)

BONDOWOSO - Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin resmi membuka TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) ke 110 tahun 2021 dengan tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri”.

Pembukaan TMMD dilakukan di Pendopo Bupati Bondowoso, Selasa (2/3) oleh Bupati Salwa Arifin didampingi Komandan Kodim 0822/Bondowoso Letkol Kav Widi Widayat. Selain itu turut hadir, Ketua DPRD H Ahmad Dhafir dan anggota Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) lainnya.

Hadir pula para kepala OPD Bondowoso , serta perwakilan dari Kodam V/Brawijaya di wakili oleh Pabandya wanwil Mayor Inf Poniman dan Korem 083/Bdj yang di wakili Kasiter Mayor Inf Anton Prasetyo.

Pelaksanaan TMMD TA 2021 di Kabupaten Bondowoso Jawa Timur ini, dipusatkan di Desa Klekean dan Desa Penang, Kecamatan Botolinggo yang letaknya sangat terpelosok dan terisolir.

Bupati Bondowoso Drs KH Salwa Arifin menyampaikan, TMMD ke-110 tahun 2021 yang mengusung tema “TMMD Wujud Sinergi Membangun Negeri” ini sejalan dengan upaya pemerintah dalam percepatan dan pemerataan pembangunan di seluruh Indonesia. 

Kata Bupati, selain itu program ini juga merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat yang bersinergi dengan program-program pemerintah, baik pusat maupun daerah. Terutama dalam penanganan dan pembangunan berbagai infrastruktur yang dibutuhkan oleh masyarakat di wilayah pedesaan.

Menurutnya, dengan mengedepankan TNI dan masyarakat sebagai pelaku utama pembangunan program ini memberikan manfaatnya yang sangat luar biasa bagi masyarakat.

“Dan menjadi salah satu jalan bagi terwujudnya kesejahteraan masyarakat dan ketahanan wilayah khususnya di Kabupaten Bondowoso, ini” katanya.

Dijelaskannya, bahwa TMMD merupakan perwujudan komitmen moral TNI dan pemerintah kepada rakyat untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemajuan masyarakat.

Akan hal itu, Bupati Salwa berharap masyarakat yang daerahnya menjadi lokasi TMMD agar berpartisipasi dan mendukung penuh selama pelaksanaan program tersebut.

“Sehingga tujuan dan sasaran yang diinginkan dapat berjalan dengan baik dan optimal,” jelasnya.

Sedangkan, Bupati pun berpesan kepada kepala badan atau dinas atau instansi terkait, untuk dapat melaksanakan kegiatan secara Sinergi dan terpadu. 

“Sehingga akhir dari kegiatan ini nantinya benar-benar maksimal dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” pungkasnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0822/Bondowoso Letkol Kav Widi Widayat menyampaikan, kegiatan TMMD ini sangat di butuhkan oleh masyarakat desa Kelekean dan Desa Penang.

“Dengan tujuan hasil dari kegiatan TMMD bisa dirasakan manfaatnya oleh warga desa untuk meningkatkan perekonomian masyarakat,” katanya.  

Informasi dihimpun, sasaran fisik pada Kegiatan TMMD ke 110 Kodim 0822/Bondowoso yakni pelebaran jalan dan pengerasan jalan/jenis aspal lapen. Sarana tandon air, guna keperluan warga dan kebutuhan masjid.

Sarana tempat ibadah yang akan di bangun dua musholla, Pavingisasi sepanjang 750 meter, Poskamling 2 buah, Gapura dan Pemasangan tempat sampah, rambu-rambu jalan dan Rutilahu dari DPMD dan Perkim sejumlah 64 rumah khusus untuk warga yang tidak mampu.

Selain itu dilaksanakan juga sasaran non fisik yakni bela Negara, himbauan protokol kesehatan (Prokes), kesadaran KB, penyuluhan terkait permasalahan pernikahan dini, serta pengobatan dan sunat masal.

Kegiatan TMMD 110 akan dilaksanakan selama 30 hari di mulai tanggal 2 sampai 31 Maret 2021 yang melibatkan berbagai macam unsur masyarakat, yang terdiri dari TNI-Polri, pemuda, tokoh masyarakat dan masyarakat Desa Klekean dan Desa Penang.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Bahrullah
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV