SUARA INDONESIA

Asah Naluri Tempur, Prajurit Kodim 0823 Situbondo Latihan Menembak

Syamsuri - 07 April 2021 | 09:04 - Dibaca 1.52k kali
TNI/Polri Asah Naluri Tempur, Prajurit Kodim 0823 Situbondo Latihan Menembak
Situasi Latihan Tembak di Lapangan Kodim 0823 Situbondo Desa Kotakan (Heru/Suara Indonesia)

SITUBONDO - Untuk mengasah naluri tempur para prajurit, Kodim 0823 Situbondo melaksanakan latihan menembak senjata ringan yang bertempat di Lapangan Tembak Kodim 0823 Situbondo X514 Desa Kotakan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo, Rabu (07/04/2021).

Keterangan yang disampaikan Komandan Latihan Kapten Inf Gede Darma  menjelaskan, Latbaktatri ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan menembak para prajurit dalam menggunakan dua jenis senjata, yaitu senapan dan pistol. “Untuk senapan yang digunakan jenis SS1 V3, sedangkan pistol menggunakan FN. Program latihan ini juga sebagai tolak ukur dari latihan menembak sebelumnya, dimana latihan harus dilaksanakan secara bertahap, bertingkat dan berlanjut,” jelas Kapten Inf Gede Darma.

Setelah memberikan mekanisme latihan, sambung Kapten Inf Gede Darma, kemudian Danlat memberikan materi singkat tentang tiga teknik dasar menembak. “Dengan pedomani Napas, Bidik, Tekan Picu, maka sasaran tempat akan tepat. Untuk senjata senapan, setiap anggota harus menembakan 13 butir peluru dengan jarak tembak 100 meter, dengan rincian 3 butir tembakan pengelompokan dan 10 butir untuk penembakan penilaian,” jelasnya.

Sedangkan untuk menembak pistol, imbuh Kapten Inf Gede Darma, jumlah peluru yang digunakan sama dengan senapan. Dengan sikap berdiri, 3 butir peluru tembakan pemanasan, dan 10 butir peluru tembakan penilaian. “Latihan menempak ini agar naluri tempur para prajurit semakin terasah dan trampil,” tuturnya.

Adapun pelaksanaan kegiatan latihan menembak ini, Komandan Latihan mengarahkan agar para prajurit trampil dalam menggunakan senjata laras panjang maupun pistol. “Materi latihan menembak kali ini, yaitu mencari kalibrasi atau nol benar pada senjata perorangan jenis SS1 V3. Hal ini mutlak perlu dilaksanakan demi meningkatkan ketangkasan dan kemahiran bagi prajurit,” pungkas Kapten Gede.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya