SUARA INDONESIA

Akibat Cuaca Ekstrem di Cilacap, Kodim Gelar Apel Siaga Bencana Alam

Satria Galih Saputra - 28 April 2023 | 13:04 - Dibaca 816 kali
TNI/Polri Akibat Cuaca Ekstrem di Cilacap, Kodim Gelar Apel Siaga Bencana Alam
Kodim 0703/Cilacap Saat Menggelar Apel Siaga Bencana Alam di Halaman Makodim (Foto : Galih/suaraindonesia.co.id)

CILACAP - Kodim 0703/Cilacap menggelar Apel Siaga Bencana Alam di halaman Makodim, Jalan Jenderal Sudirman, No. D-1 Cilacap, Jumat (28/04/2023).

Apel dilakukan menindaklanjuti intruksi Dandim Letkol Inf Andi Afandi terkait adanya anomali cuaca yang tidak menentu yang mengarah pada cuaca ekstrem dan berpotensi menyebabkan bencana alam di wilayah Kabupaten Cilacap. 

Dalam kesempatan itu, Perwira Siaga Kodim 0703/Cilacap, Kapten Kav Nursohib Anshori berkesempatan memimpin Apel diikuti personel siaga bencana sebanyak 2 pleton. 

"Guna mengantisipasi adanya bencana alam, Kodim 0703/Cilacap menyiapkan personel Siaga untuk disiapkan dan digerakkan sewaktu-waktu diperlukan manakala terjadi bencana alam," ujar Nursohib.

Selain itu, lanjut dia, sebagai komitmen TNI dalam membantu pemerintah, khususnya mengatasi bencana alam. 

Sementara, dalam pelaksanaanya, Kodim 0703/Cilacap bekerjasama dengan BPBD setempat bersama unsur-unsur terkait. 

Diharapkan melalui Apel Siaga Bencana tersebut, anggota dapat siap siaga apabila digerakkan untuk membantu dalam mengatasi bencana alam di wilayah Kabupaten Cilacap. 

"Sebagai personel yang disiagakan, maka harus memiliki kecepatan dan selalu siap siaga apabila sewaktu-waktu diminta Pemda atau BPBD untuk melaksanakan patroli atau upaya lainnya dalam mengantisipasi terjadinya bencana alam," pesan Nursohib kepada para personel siaga. 

Seperti diketahui pada Kamis (27/4/2023) malam dilaporkan telah terjadi hujan deras dengan intensitas tinggi secara merata di wilayah Kabupaten Cilacap yang telah menyebabkan meningkatnya debit air di beberapa wilayah dan menyebabkan terjadinya banjir.

Salah satu wilayah yang terdampak adalah Kota Cilacap, dimana sesaat setelah hujan mengguyur wilayah tersebut telah terjadi banjir di beberapa Kelurahan dan juga jalan utama di Kota Cilacap yang menyebabkan terhambatnya arus lalu lintas. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Satria Galih Saputra
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV