SUARA INDONESIA

Sinergi BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Produktivitas UMKM Bojonegoro

Redaksi - 25 September 2023 | 14:09 - Dibaca 1.19k kali
Advertorial Sinergi BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Produktivitas UMKM Bojonegoro
Sinergi BPJS Ketenagakerjaan Tingkatkan Produktivitas UMKM Bojonegoro (Foto : BPJS Ketenagakerjaan/Suaraindonesia.co.id)

BOJONEGORO, Suaraindonesia.co.id - Sinergi dan kolaborasi dilakukan BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro bersama Kantor POS Indonesia dan UMKM Yasaka Japfa Group dalam pembinaan pada anggota paguyuban BUMDesma Jatimulyo, Kecamatan Temayang LKD, Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan dengan tema "Sinergi dan Pembinaan Anggota Paguyuban BUNDesma Jatimulyo Temayang LKD Dalam Rangka Penerapan Jaminan Sosial BPJS Ketenagakerjaan" ini diikuti dengan antusias oleh 100 ketua kelompok nasabah simpan pinjam.

Hadir dalam kegiatan ini Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bojonegoro, Rd Edi Sasono, Kasi Pemerintahan Kecamatan Temayang, Slamet, dan Kepala Kantor POS Indonesia Cabang Bojonegoro, Wawan, serta Agung dari UMKM Yasaka Japfa grup

Edi mengatakan, kolaborasi antar sektor ini sangat dibutuhkan bagi masyarakat untuk dapat meningkatkan UMKM yang ada di Kabupaten Bojonegoro.

Pihaknya komitmen akan melanjutkan kolaborasi yang baik ini ke seluruh kecamatan yang ada di Bojonegoro, dengan tujuan untuk memberi pemahaman tentang program BPJS Ketenagakerjaan beserta manfaatnya.

Dalam kegiatan ini, Edi menjelaskan tentang pentingnya perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan bagi ibu-ibu yang punya usaha atau kegiatan ekonomi.

Disebutkan, program jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya untuk pekerja formal, tapi juga untuk pekerja informal seperti pelaku UMKM, pedagang, petani dan pekerja mandiri lainnya.

Dengan daftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan yang iurannya sangat terjangkau, ibu-ibu terlindungi jaminan sosial ketika berangkat bekerja, sedang bekerja, dan sampai kembali di rumah sepulang kerja.

"Artinya jika di saat-saat itu sampai mengalami musibah atau kecelakaan kerja, seluruh biaya pengobatan dan perawatan rumah sakit ditanggung penuh tanpa batas oleh BPJS Ketenagakerjaan. Juga bila meninggal dunia, ahli warisnya diberikan santunan sebesar Rp 42 juta," ungkapnya.

Selain dilakukannya edukasi pentingnya jaminan sosial ketenagakerjaan, dalam kegiatan ini juga dilakukan pemberian materi oleh Kantor POS Indonesia serta pelatihan memasak oleh UMKM Yasaka Japfa Group. 

Kasi Pemerintahan Kecamatan Temayang, Slamet, menyampaikan terimakasih pada BPJS Ketenagakerjaan sudah menginisiasi dan memberikan pembinaan pelatihan usaha beserta perlindungan warga Temayang.

"Harapan kami dari kegiatan ini warga sadar akan pentingnya perlindungan jaminan sosial dan segera daftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan," ujar Slamet yang juga mengaku senang karena warganya juga mendapatkan ilmu cara produksi dan memasarkannya. (Adv) 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Redaksi
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV