SUARA INDONESIA

Hidupkan Budaya Nusantara, Ribuan Maba UNIBA Kirab Pakai Baju Adat

Wildan Mukhlishah Sy - 19 August 2023 | 08:08 - Dibaca 943 kali
Pendidikan Hidupkan Budaya Nusantara, Ribuan Maba UNIBA Kirab Pakai Baju Adat
Ribuan mahasiswa baru UNIBA Sumenep, yang mengikuti kirab budaya nusantara. Foto: Imam for suaraindonesia.co.id

SUMENEP, Suaraindonesia.co.id - Sebanyak 1.536 mahasiswa baru (Maba) Universitas Bahaudin Mudhary Madura (UNIBA) Sumenep, mengikuti kirab budaya "Nusantara Bangkit di UNIBA Madura", dengan menggunakan pakaian adat dari beragam wilayah di Indonesia. 

Kirab itu merupakan rentetan dari kegiatan Student Orientation and Campus Induction (SOeCI) UNIBA Madura, untuk Maba tahun pelajaran 2023/2024.

Ketua Pelaksana Kirab Nusantara, Ubaidillah menjelaskan, berdasarkan pernyataan yang telah disampaikan Sekretaris Yayasan Qudsiyah Bahaudin Annisa Zhafarina Qosasi, kegiatan itu juga sebagai langkah untuk mengajak Maba dalam menghidupkan budaya Nusantara. 

Dia menekankan, sebagai penerus bangsa, maka generasi muda di kampus tersebut memiliki peran penting, untuk berkontribusi dalam ajang apapun, terutama tentang penghidupan budaya nusantara, di tengah gempuran era globalisasi.

"Khususnya budaya madura," ungkapnya, Sabtu (19/08/2023). 

Tak sampai di situ, Ubaidillah juga mengatakan, melalui acara tersebut, pihaknya ingin menanamkan nilai-nilai dan wawasan kebangsaan khususnya kepada Maba UNIBA, generasi muda dan masyarakat luas pada umumnya. 

Diketahui, selain menyuguhkan beragam baju adat, kirab budaya nusantara UNIBA, juga turut diramaikan dengan penampilan musik tong-tong dan drum band dari mahasiswa baru. 

Tak mau ketinggalan, jajaran rektorat UNIBA juga turut menggunakan konsep yang tak biasa. Yakni, mengikuti kirab dengan menaiki odong-odong dan kuda. 

"Diharapkan mahasiswa baru menanamkan nilai-nilai wawasan kebangsaan bagi warga masyarakat, khususnya generasi muda atau mahasiswa baru UNIBA," tandasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Lukman Hadi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV