SUARA INDONESIA

Minimalisir Longsor, Karangpring Gelar Penanaman Seribu Bibit Pohon Sirsak

- 29 January 2021 | 16:01 - Dibaca 1.35k kali
Peristiwa Daerah Minimalisir Longsor, Karangpring Gelar Penanaman Seribu Bibit Pohon Sirsak
Foto: Pemerintah Desa Karangpring saat melakukan penanaman bibit pohon sirsak di pinggir jalan utama Desa.

JEMBER- Untuk meminimalisir adanya bencana longsor di musim penghujan, Pemerintah Desa Karangpring menggelar kegiatan penanaman seribu bibit pohon sirsak. 

Penanaman tersebut dilakukan di sepanjang jalan utama menuju Desa Karangpring, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember pada Jum'at (29/1/2021). 

Dalam agenda sosialnya kali ini, pihak Desa Karangpring bekerjasama dengan Muspika, Karangtaruna, Balai Bibit Brantas Samean Sidoarjo, BPD Karangpring dan tokoh pemuda. 

Pj Kepala Desa Karangpring Hendra Kusuma menyampaikan kegiatan tersebut, bertujuan salah satunya untuk meminimalisir bencana longsor karena banyak lahan yang terkikis saat intensitas hujan deras. 

"Jadi hari ini kami melakukan penanaman seribu bibit pohon sirsak, salah satu tujuannya adalah meminimlisir terjadinya bencana longsor. Karena dari yang kami lihat di sini banyak sekali lahan yang terkikis saat musim hujan," jelasnya.

Sementara itu Noval Kurniawan Ketua Karangtaruna Porka mengatakan pemilihan bibit sirsak, karena perwatannya relatif mudah dan banyak manfaat bisa yang bisa diambil dari tumbuhan tersebut. 

"Kami sengaja memilih pohon sirsak karena memang jumlah yang tersedia mencukupi permintaan. Selain itu perawatannya juga relatif mudah, sementara manfaat dari tumbuhan sirsak kan menurut kami juga sangat banyak," katanya. 

Selanjutnya pihaknya berharap kegiatan penanaman bibit pohon sirsak, dapat membawa manfaat yang bagi masyarakat salah satunya dari sektor ekonomi. 

"Nanti kalau sudah berbuah, harapannya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sekitar. Salah satunya dari bidang ekonomi masyarakat nanti," imbuhnya kepada awak media. (Wildan)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV