SUARA INDONESIA

Hadiri Larung Sesaji, Bupati Blitar Rini Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Leluhur

Aris Danu - 11 August 2021 | 11:08 - Dibaca 1.66k kali
Peristiwa Daerah Hadiri Larung Sesaji, Bupati Blitar Rini Ajak Masyarakat Lestarikan Budaya Leluhur
Bupati Blitar Rini secara simbolis memberikan piagam warisan budaya tak benda kepada tokoh masyarakat

 Blitar - Bupati Blitar Rini Syarifah mengajak seluruh masyarakat untuk melastarikan budaya leluhur. Pernyataan ini diungkapkan langsung ketika menghadiri acara larung sesaji 1 suro di Pantai Tambakrejo Desa Tambakrejo Kecamatan Wonotirto, Rabu (11/08/2021) siang. 

"Alhamdulillah hari ini saya bisa datang secara langsung di kegiatan larung sesaji yang merupakan suatu budaya kearifan lokal Kabupaten Blitar yang harus tetap kita jaga dan dilestarikan sampai kapanpun," kata Rini Bupati Blitar kepada Suara Indonesia. 

Bupati Rini menjelaskan, peringatan larung sesaji tahun ini digelar lebih sederhana bila dibandingkan dengan sebelumnya. Prosesi pelaksanaan dipersingkat seperti sambutan doa bersama dan proses larungan ke laut serta tetap mengedepankan anjuran protap kesehatan dengan ketat. 

"Kita pangkas waktunya supaya tidak mengundang kerumunan. Mengingat saat ini aturan PPKM level 4 diperpanjang lagi jadi acaranya terbatas dan tidak ada undangan dari luar. Kurang lebih ada 10 sampai 20 orang yang hadir," tegasnya. 

Bupati Rini berharap kegiatan larung sesaji 1 suro di Kabupaten Blitar kedepannya terus dijaga dan dilestarikan bersama lantaran budaya tersebut merupakan warisan dari para nenek moyang sehingga harus dirawat agar tidak hilang termakan kemajuan zaman. 

"Saya harap budaya ini dapat di uri-uri sampai kapanpun, jangan sampai tidak karena larung sesaji 1 suro sudah diakui oleh pemerintah yakni dinobatkan sebagai warisan budaya tak benda sehingga harus kita jaga bersama-sama," imbuhnya. 

Disamping itu, Mak Rini sapaan akrabnya juga mengajak masyarakat patuh dan disiplin terhadap aturan terlebih mengenai perpanjangan PPKM level 4. Apabila semua tertib menjalankan segala aturan maka upaya pengendalian laju Covid-19 akan berjalan maksimal dan kehidupan kembali normal. 

Terakhir pada kesempatan yang sama, Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Ketua Dekranasda Kabupaten Blitar juga menyalurkan bantuan paket sembako kepada warga sekitar pantai. Hal ini dilakukan guna meringankan beban warga terutama yang terdampak Covid-19. adv/kmf

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aris Danu
Editor : Nanang Habibi

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV