SUARA INDONESIA

Ajang Porprov di Situbondo Diharapkan Bisa Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

Syamsuri - 17 June 2022 | 07:06
Peristiwa Daerah Ajang Porprov di Situbondo Diharapkan Bisa Bangkitkan Ekonomi Masyarakat

SITUBONDO - Pelaksanaan Pekan Olah Raga Provinsi Jawa Timur (Porprov) ke-VII tahun 2022 yang akan digelar pada tanggal 25 Juni hingga 03 Juli 2022 di Kabupaten Situbondo, diharapkan mampu menjadi momentum kebangkitan ekonomi masyarakat. 

Ketua Umum KONI Kabupaten Situbondo Deny Wahyu Pribadi mengatakan dengan ditunjuknya Situbondo sebagai tuan rumah ajang olahraga dua tahunan ini, selain menjadi kebangkitan prestasi olahraga juga jadi daya ungkit perputaran perekonomian di Kota Santri. 

"Kami berharap pelaku UMKM, usaha kuliner, jasa ojek online (ojol), penginapan, homestay, kerajinan produk khas Situbondo, bisa menangkap dan memanfaatkan momentum ini sebagai daya ungkit ekonomi," kata Deny di Situbondo, Jumat (17/6/2022). 

Tujuan tersebut sesuai tagline Porprov Jatim 2022, yakni "Sukses Penyelenggaraan, Sukses Prestasi, Sukses Ekonomi".

Kabupaten Situbondo menjadi tuan rumah Porprov Jatim 2022 bersama Kabupaten Jember, Lumajang, dan Bondowoso.

Deny menjelaskan sukses penyelenggaraan yang dimaksud bahwa Situbondo harus mampu menjadi tuan rumah yang baik dengan memberikan pelayanan dan kemudahan kepada para tamu (atlet dan ofisial) selama penyelenggaraan porprov.

"Apa yang menjadi kebutuhan tamu-tamu kita, harus disediakan, mulai dari kebutuhan makanan, transportasi, hiburan, dan lainnya," katanya.

Sedangkan sukses prestasi, yakni KONI Situbondo telah menggembleng para atlet melalui tes parameter atlet selama tiga tahap sehingga terjaring 202 atlet yang siap berlaga pada ajang Porprov Jatim VII tahun 2022 dan siap membawa pulang medali.

"Kami memang punya atlet yang potensial untuk meraih medali. Semoga saja, para atlet kita bisa berlaga dan menorehkan prestasi terbaiknya pada ajang bergengsi ini," tuturnya.

Dari 47 cabang olahraga yang dipertandingkan dalam ajang Porprov Jatim kali ini, Situbondo menerjunkan 202 atlet untuk 26 cabang olahraga.

Adapun 26 cabor yang diikuti Situbondo, yaitu futsal, basket, badminton, balap sepeda gunung, voli indoor, senam, tenis lapangan, atletik, tarung derajat, sepak takraw, woodball, pencak silat, balap sepeda, angkat berat, voli pantai, petanque, hoki pantai (indoor/outdoor), anggar, bina raga, renang perairan terbuka, selam, catur, panahan, tenis meja, menembak, dan taekwondo.

"Mereka para atlet akan berlaga di empat kabupaten yang menjadi tuan rumah. Dari 26 cabang olahraga itu, 11 cabang olahraga di antaranya bertanding di arena perlombaan di Situbondo, yakni voli pantai, panjat tebing, renang perairan terbuka (open water swimming/OWS), selam (OBA), hoki pantai (indoor/outdoor), angkat berat, binaraga, anggar, dan petanque," paparnya.

Sebagai tuan rumah, Situbondo memilih maskot 'Si-Babal' yang merupakan kependekan dari Banteng Baluran, sebagai maskot Porprov Jatim VII.

"Si Babal ini menggambarkan Banteng Baluran yang mencerminkan kehati-hatian dan semangat dalam meraih impian," tandasnya.

Pewarta : Syamsuri
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya