SUARA INDONESIA

Suara Penolakan! Maklumat Kiai Berkibar di Lokasi Reklamasi Gersik Putih

Wildan Mukhlishah Sy - 28 May 2023 | 07:05 - Dibaca 932 kali
Peristiwa Daerah Suara Penolakan! Maklumat Kiai Berkibar di Lokasi Reklamasi Gersik Putih
Warga Dusun Tapakerbau, Gersik Putih yang mengibarkan maklumat Kiai. Foto: Istimewa

SUMENEP- Warga Dusun Tapakerbau, Desa Gersik Putih, Kecamatan Gapura secara konsisten terus menyuarakan penolakan atas rencana reklamasi laut, yang akan dialih fungsikan menjadi tambak garam. 

Berbagai upaya telah dilakukan oleh warga setempat, mulai menyuarakan aspirasi pada pemerintah, hingga menggelar istigosah kubro dengan tujuan meminta keselamatan dari kerusakan lingkungan. 

Dalam agenda istigosah tersebut, sejumlah Kiai menandatangani Maklumat Takerbuy 2023 Untuk Keselamatan dan Lingkungan di Masjid Zainal Abidin, Kampung Tapakerbau, Desa Gersik Putih, Kecamatan Gapura, Sumenep, Jawa Timur, Sabtu (27/5/2023) kemarin.

Kemudian, Maklumat Takerbuy 2023 yang ditulis dalam kain putih sepanjang 10 meter itu dipampang dikawasan objek rencana reklamasi.

Sebelum itu, warga juga deklarasi menyatakan sikap untuk menolak segala bentuk eksploitasi laut di kawasan Pantai Desa Gersik Putih.

”Rakyat Tapakerbau, Gersik Putih menolak segala bentuk eksploitasi. Siapun itu akan kami lawan, hidup atau mati,” tegasnya dipimpin Kiai Quraisyi, Sabtu (27/5/2023).

Perlu diketahui, sejumlah kiai yang mendatangani maklumat tersebut, yaitu Ulama Kharismatik Pengasuh Pondok Pesantren Assadad KH Thaifur Ali Wafa, Rais Syuriah NU KH Hafidzi Syarbini, Ketua PC NU KH Panji Taufiq, Rais NU Dungkek KH Roji Fawaid, dan Kiai Syahid Munawar. 

Tak hanya itu, sejumlah tokoh masyarakat, aktivis lingkungan dan aktivis mahasiswa, juga turut serta mengukir tanda tangan di kain putih, sebagai bentuk dukungan atas warga Dusun Tapakerbau. 

Ketua Gerakan Masyarakat Tolak Reklamasi (Gema Aksi) Amirul Mukminin menyatakan, Maklumat Keselamatan dan Lingkungan yang ditanda-tangani Kiai merupakan tambahan kekuatan bagi warga untuk menolak rencana reklamasi laut untuk pembangunan tambak. Pihaknya akan terus melakukan gerakan dan suara perlawanan supaya reklamasi laut di Desanya tidak terealisasi.

”Dan hari ini, setelah Istighasah sebagian warga langsung bergerak ke Pantai untuk melakukan pemasangan Maklumat sebagai bentuk perlawanan. Air laut boleh surut, tapi perjuangan haram untuk surut,” ungkapnya.

Selain itu, dengan memasang Maklumat Takerbuy 2023 Untuk Keselamatan dan Lingkungan diharapkan memberi isyarat bagi penggarap dan Pemerintah Desa Gersik Putih bahwa warga yang menolak tidak berjuang sendiri. Banyak pihak yang mendukung terhadap gerakan penolakan yang dilakukan warga.

”Harapannya pula penggarap dan Pemdes secepatnya dibukakan pintu hatinya supaya tidak memaksakan ambisinya mengeksploitasi laut. Ini demi kemaslahatan masyarakat yang lebih luas,” pungkasnya.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Wildan Mukhlishah Sy
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV