SUARA INDONESIA

Ratusan Rumah di Jayapura Dilahap Sijago Merah

Mustakim Ali - 20 October 2020 | 13:10 - Dibaca 971 kali
Peristiwa Daerah Ratusan Rumah di Jayapura Dilahap Sijago Merah
Kondisi di TKP peristiwa kebakaran di Jayapura, Senin (19/10/2020) tadi malam.

JAYAPURA – Telah terjadi kasus kebakaran yang menghanguskan sebanyak 158 unit rumah di Kampung Tengah Dok IX Kelurahan Tanjung Ria Distrik Jayapura Utara Kota Jayapura pada, Senin (19/10/2020) tepatnya pukul 18:00 WIT.

Singkat cerita, pukul 18.10 WIT saat itu saksi an. Muhammad Saleh mendengar suara teriakan warga “Bau Hangus”, kemudian terjadi percikan api dari kabel listrik di palfon rumah, kemudian saksi keluar rumah dan melihat api mulai menyala.

Melihat kejadian tersebut saksi langsung berusaha menyelamatkan barang-barang miliknya dan keluar rumah guna meminta bantuan kepada warga sekitar untuk mencoba membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. Bahan bangunan yang terbuat dari kayu membuat api dengan cepat membesar dan merembet ke rumah lain yang berada disekitaran TKP.

Pada Pukul 18.20 WIT, anggota Polsek Jayapura Utara dipimpin langsung oleh Kapolsek Jayapura Utara Iptu Handry M Bawiling, S.Sos. MM, tiba di TKP kemudian melakukan pengamanan di sekitaran TKP dan membantu memadamkan api. Dan beberapa menit kemudian sebanyak 5 (Lima) Unit Mobil Damkar milik Pemerintah Kota Jayapura beserta 10 Unit Truk Tanki air tiba di lokasi kejadian Kebakaran untuk membantu memadamkan api.

Upaya pemadaman sempat terkendala, api semakin membesar karena hembusan angin dan kebanyakan warga yang menjual BBM jenis minyak tanah dan bensin sehingga api dengan cepat membakar ke rumah-rumah yang lain.

Kemudian 2 (Dua) Unit Mobil AWC milik Dit Samapta Polda Papua dan 1 Unit Mobil AWC milik Polresta Jayapura Kota tiba di lokasi kejadian Kebakaran guna membantu memadamkan api dan Pukul 21.05 WIT, Api berhasil dipadamkan.

Langkah-langkah Kepolisian usia menerima laporan, mendatangi lokasi guna mengamankan TKP, olah TKP, membantu memadamkan api, melakukan pendataan bersama dinas sosial, melakukan penyelidikan dan penyidikan. Kasus tersebut dalam penanganan Unit Reskrim Polsek Jayapura Utara di backup Satuan Reskrim Polresta Jayapura Kota.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol. Drs. Ahmad Musthofa Kamal SH, mengatakan bahwa hari ini tanggal 20 Oktober 2020, dilakukan olah TKP oleh Bid Labfor Polda Papua bersama Satuan Reskrim Polresta Jayapura Kota.

"Dari hasil pendataan Dinas Sosial didampingi Kepolisian, diperoleh jumlah rumah yang terbakar sebanyak 158 unit yang terdiri dari 340 Kepala Keluarga di 3 RT dan 2 RW dengan jumlah penduduk sebanyak 728 jiwa,"tutur AM Kamal di Mapolda Papua, Selasa (20/10/2020) siang.

Lanjut Kamal, saat ini para korban telah mengungsi ke Aula Dinas Pendidikan, Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi Papua serta Aula Dinas Sosial Provinsi Papua yang tidak jauh dari lokasi kejadian. Dan dalam kejadian tersebut sampai saat ini belum ada laporan terkait korban jiwa dan belum bisa dipastikan apa penyebab kebakaran.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Mustakim Ali
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV