SUARA INDONESIA

Sempat Terjadi Kepadatan, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jelang Natal H-2 Ramai Lancar

Muhammad Nurul Yaqin - 23 December 2022 | 16:12 - Dibaca 1.98k kali
Peristiwa Daerah Sempat Terjadi Kepadatan, Pelabuhan Ketapang Banyuwangi Jelang Natal H-2 Ramai Lancar
Kondisi Pelabuhan ASDP Ketapang H-2 Natal 2022, terpantau ramai lancar, Jumat (23/12/2022). (Istimewa).

BANYUWANGI - Update kondisi Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi menuju Pelabuhan Gilimanuk, Bali, jelang H-2 Natal 2022, terpantau lengang alias ramai lancar.

Kondisi kawasan Pelabuhan Penyeberangan ASDP Ketapang ini sempat terjadi kepadatan penumpang pada Kamis (22/12/2022) malam. Namun kini bisa terurai.

"Kepadatan sempat terjadi semalam, tapi semua di dalam pelabuhan. Sudah bisa teratasi, tidak sampai mengakibatkan kemacetan di jalan raya," kata General Manager ASDP Ketapang, M. Yasin kepada wartawan, Jumat (23/12/2022).

Menurut Yasin, kepadatan pengunjung bisa terurai karena pihaknya telah menyiapkan skenario dengan menyiapkan operasional kapal yang memadai.

"Hari ini kami mengoperasikan sebanyak 29-33 armada kapal dari 48 unit kapal yang kami siapkan," cetusnya.

Ia menyebut kepadatan penumpang yang menggunakan jasa penyeberangan Kapal Feri menuju Bali, jelang Nataru tahun ini terbilang sudah berada di atas normal.

Per hari ini saja, ada 20.373 penumpang dari Pulau Jawa yang telah diseberangkan menuju Pulau Bali. Sementara jumlah kendaraan tercatat sebanyak 5.242 baik kendaraan pribadi maupun logistik.

Sedangkan dari Gilimanuk, Bali menuju Ketapang Banyuwangi tercatat ada 22.414 penumpang dengan 5.322 kendaraan.

"Penumpang dari Gilimanuk ke arah Banyuwangi memang terlihat lebih tinggi, namun tidak terlalu jomplang," kata Yasin.

Sementara pihaknya memprediksi, lonjakan penumpang bisa bertambah di puncak libur Natal yang akan terjadi pada Jumat (23/12/2022) malam hingga Sabtu (24/12/2022).

"Biasanya kepadatan yang dominan itu terjadi di atas pukul 21.00 WIB sampai pukul 02.00-03.00 WIB. Karena wisatawan seperti dari Malang, Surabaya kebanyakan berangkatnya siang hari," ucapnya.

Sehingga dalam mengantisipasi lonjakan kendaraan wisatawan ke Pulau Bali akhir pekan ini, selain menambah jumlah armada ASDP Ketapang juga memberlakukan pembelian tiket di area buffer zone. Sehingga tak perlu lagi berdesak-desakan di pelabuhan.

Untuk akses menuju Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, lokasi buffer zone berada di Terminal Sritanjung, Ketapang. Jika tidak berkenan membeli di buffer zone, penumpang dari arah Jember bisa menuju ke Jalan Lingkar.

"Banyak penjual tiket di kawasan jalan tersebut. Masyarakat bisa membeli tiket di situ jika tidak mau membeli di buffer zone," tuturnya.

Sejumlah skenario tersebut diberlakukan Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi, guna meminimalisir potensi terjadinya kemacetan hingga ke jalan raya menjelang libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Muhammad Nurul Yaqin
Editor : Bahrullah

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV