SUARA INDONESIA

Uji Coba Rekayasa Lalin, Satlantas Polrestabes Semarang Tutup Jalan Tiga Hari

Andi Saputra - 09 June 2023 | 07:06 - Dibaca 747 kali
Peristiwa Daerah Uji Coba Rekayasa Lalin, Satlantas Polrestabes Semarang Tutup Jalan Tiga Hari
Satlantas Polrestabes Semarang saat kegiatan sosialisasi pemberlakuan rekayasa lalu lintas imbas proyek Tol Semarang-Demak, Kamis (08/06/2023). (Foto: Andi Saputra/Suaraindonesia.co.id)

SEMARANG, Suaraindonesia.co.id - Satlantas Polrestabes Semarang mulai melakukan uji coba rekayasa lalu lintas di Jalan Kaligawe Raya, sekitar Jembatan Tol Kaligawe, Kamis (08/06/2023).

Rekayasa lalu lintas dilakukan menyusul dimulainya peninggian Jembatan Tol Kaligawe, yang merupakan serangkaian pembangunan proyek jalan Tol Semarang-Demak seksi 1 ruas Kaligawe-Sayung.

Kasat Lantas Polrestabes Semarang, AKBP Yunaldi, mengatakan selama tiga hari ke depan mulai 08 hingga 10 Juni 2023, akan dilakukan uji coba rekayasa lalu lintas. Hal ini merupakan bagian dari pembangunan jembatan Tol Kaligawe.

“Jembatan ini ditinggikan karena bagian dari proyek jalan Tol Semarang-Demak. Mulai hari ini (Kamis-red) pukul 10:00 WIB kita melaksanakan rekayasa arus lau lintas,” ujarnya. 

Menurutnya, selama proses peninggian, jalan di bawah jembatan tol ditutup. Jalur tersebut merupakan akses dari Demak menuju Pelabuhan Tanjung Emas dan Pasar Johar bahkan sebaliknya.

Kasatlantas menuturkan, rekayasa lalu lintas dilakukan dengan mengalihkan kendaraan dari arah Demak yang akan menuju Semarang masuk ke dalam jalan tol untuk berputar arah kembali ke jalan utama.

“Untuk sepeda motor dari arah Demak yang akan ke Semarang juga diarahkan masuk ke tol untuk berputar arah, sedangkan yang mau menuju Johar diarahkan ke arah akses tol dan disediakan jalur diputar balik," jelasnya. 

Untuk kendaraan besar, lanjutnya, dari arah Jalan Arteri Yos Sudarso yang akan masuk ke jalan tol diminta untuk masuk melalui gerbang Tol Krapyak.

Uji coba selama tiga hari tersebut, akan dievaluasi sebelum diberlakukan secara resmi mulai 11 Juni 2023 mendatang.

“Rekayasa ini kita uji coba selama tiga hari, kalau ini lancar skenario yang kita laksanakan ini dengan instansi terkait, nanti tanggal 11 Juni proyek langsung dikerjakan,” pungkasnya. 

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Andi Saputra
Editor : Lutfi Hidayat

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV