SUARA INDONESIA

Festival Kapuang Sati Ratau Batuah HUT Ke-19 Kabupaten Mukomuko Alami Sedikit Kendala

Robianto - 16 February 2022 | 17:02 - Dibaca 1.54k kali
Peristiwa Daerah Festival Kapuang Sati Ratau Batuah HUT Ke-19 Kabupaten Mukomuko Alami Sedikit Kendala
Eva Naswira, Kasi pelestarian dan pembinaan seni budaya, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kabupaten Mukomuko//Foto : Robianto//Suaraindonesia.co.id

MUKOMUKO- Dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Mukomuko ke-19 tahun, Pemkab Mukomuko menggelar festival Kapuang Sati Ratau Batuah. Adapun festival yang diadakan yakni, tari gandai, kuda lumping, tari kreasi, lagu daerah dan sarapal anam.

Sebelumnya, Pemkab melalui Dinas Pendidikan dan kebudayaan mengaku sudah menyurati 76 sanggar yang ada di daerah itu. Tujuannya, untuk ikut berpartisipasi dengan cara mengirim video karya mereka kepada panitia yang sudah ditentukan.

"Sebelumnya kita sudah bersurat kepada sanggar dan kelompok yang ada, terkait teknis dan batas watu pengirimanya," kata Kabit Kebudayaan Dinas Pendidikan Mukomuko, Yulia Reni, melalui Kasi pelestarian dan pembinaan seni budaya, Eva Naswira ketika dikonfirmasi suaraindonesia.co.id Rabu (16/2/2022).

Lebih lanjut ia mengatakan, hingga Rabu (16/2/2022) siang pukul 14:00 WIB sudah ada 31 Peserta yang sudah mengirimkan vidionya.

Sedikitnya peserta yang sudah mengirim videonya, terkendala dikarenakan hari terakhir ini cuaca hujan.

"Sampai saat ini sudah ada 31 kelompok peserta yang ngirim videonya, dengan rincian, kuda lumping 8, sarafal anam 4, tari kreasi 3, tari gandai 14 dan lagu daerah 2 (1 putra 1 putri). Tadi banyak dari sanggar yang menghubungi kami, mereka yang ingin mengirim videonya hari ini terkendala cuaca hujan. Mereka juga minta batas waktu penerimaan diperpanjang," jelas Eva.

Masih kata Eva, sebelumnya batas waktu pengiriman sudah ditentukan Rabu 16/2/2022) pada pukul 16:00 WIB.

"Namun ada yang meminta perpanjangan waktu karena terkendala cuaca hujan, panitia memutuskan batas waktu penerimaan diperpanjang hingga malam," sebutnya.

"Jadi mengingat dan menimbang, kami memutuskan memperpanjang penerimaan hingga nanti malam, karna pengiriman vidio dalam bentuk disk atau flashdisk. Mereka terkendala cuaca hujan," sambung Eva Naswira Kasi Pelestarian dan pembinaan seni budaya, Dinas Pendidikan dan kebudayaan Mukomuko.

Ia juga mengatakan, untuk pengumuman pemenang festival akan diumumkan pada tanggal 25 Februari ini.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Robianto
Editor : Imam Hairon

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya

Featured SIN TV